Apakah kamu sudah tahu media sosial yang khusus untuk kebutuhan karier? Bukan Facebook, Twitter apalagi Instagram, tapi media sosial itu adalah LinkedIn. Semoga kamu sudah pernah membukanya, kalau belum ya segera buka saja. Tapi nanti saja deh, setelah baca artikel ini. 🙂

LinkedIn ini media sosial yang dibangun untuk kebutuhan identitas profesional kamu. Baik membangun jaringan profesional, bisnis, mencari peluang bisnis, rekan bisnis hingga mendapatkan pekerjaan.

Lhoh kok bisa? Bisa dong, baru sadar ya? 😀

Ketika kamu mendaftar di LinkedIn, kamu pasti akan disuruh mengisi data informasi yang berhubungan dengan data profesional kamu. Seperti lulusan mana, pengalaman kerja / organisasi, keterampilan yang kamu miliki, hingga prestasi yang pernah kamu dapatkan.

Ya bisa dikatakan LinkedIn ini seperti CV kamu tapi dalam bentuk media sosial.

Jadi, LinkedIn ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu harapkan. Nah, supaya media sosial ini bisa maksimal dan bisa membuatmu mendapatkan pekerjaan, sebaiknya simak tips berikut ini.

#1 Ini data dengan lengkap

Kamu bisa mulai mengisi data seperti jenjang pendidikan, pengalaman kerja, hingga keterampilan yang kamu miliki dengan lengkap dan jujur. Kalau kamu saat ini sedang bekerja, tulis juga kerja di mana dan posisinya apa.

Di bagian deskripsi, silahkan isi deskripsi diri kamu secara profesional. Tunjukan kelebihannya dan apa yang kamu lakukan untuk orang lain dari keterampilan yang kamu miliki.

Terutama bagian pengalaman, silahkan diisi secara lengkap dan detail.

Ini sangat penting jika suatu saat ada yang mencari orang yang memiliki keterampilan seperti kamu.

#2 Pasang Foto yang PRO

Maksud foto yang pro itu yang mencerminkan profesionalitas. Bukan foto yang lagi selfie atau pose melet-melet kayak di media sosial lain. Untuk di LinkedIn jangan seperti itu. Ini media profesional untuk para profesional.

Jadi pasanglah foto yang mencerminkan profesionalitas diri kamu, yang elegan dan rapi.

#3 Membangun Relasi

Jika data diri dan profil kamu sudah tertata rapi, kini saatlah kamu membangun relasi. Caranya ya tinggal menambahkan orang yang sama-sama menjadi member. Tapi perhatikan ketika menambahkan teman, karena ini tujuannya untuk membangun relasi yang baik, kamu harus selektif dalam menambahkan teman.

Meskipun LinkedIn media sosial profesional, ada juga spammer yang menggunakan LinkedIn. Dan sebaiknya menambahkan teman yang memiliki profesi atau yang berhubungan dengan keterampilan yang kamu miliki.

Jika tujuan kamu ingin mendapatkan pekerjaan, cobalah menambahkan teman yang memiliki profesi sebagai HR. Karena biasanya mereka akan mempublis lowongan kerja di perusahaannya melalui LinkedIn.

Jadi kamu harus tepat mencari teman.

Tidak hanya itu saja, dalam membangun relasi kamu juga perlu berkenalan dengan teman yang baru kamu tambahkan. Sangat menarik jika kamu menambahkan teman yang seprofesi, sehingga kamu bisa bertukar informasi terutama lowongan kerja.

#4 Share konten yang berkualitas

Di LinkedIn ini kamu juga bisa update status layaknya di Facebook. Tetapi jangan seperti update status di Facebook yang isinya galau, atau bahkan nyinyir orang lain. Di LinkedIn ini kamu harus update status yang berhubungan dengan karier dan bisnis. Mengapa demikian? Karena mayoritas pengguna LinkedIn ya orang-orang yang punya ketertarikan di dunia itu.

Inilah enaknya LinkedIn, penggunanya sudah segmented.

Buku terkait :

Dalam membuat konten, kamu bisa menulis seputar pengalaman karier/bisnis yang pernah kamu alami. Terus bisa membahas hal-hal seputar karier atau bisnis yang lagi hits.

Intinya ciptakan citra positif dari konten yang kamu bagikan.

#5 Gunakan fitur Jobs

Di LinkedIn itu adalah fitur Jobs, dan kamu bisa memanfaatkan itu untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan mu. Kamu bisa mencari berdasarkan posisi pekerjaan hingga perusahaannya.

Oh ya, yang menarik adalah, di kanal Jobs ini nanti secara otomatis akan menampilkan lowongan kerja yang sesuai dengan keterampilan dan minat kamu. Maka dari itu di awal tadi penting bagi kamu untuk mengisi profil dengan lengkap dan jujur. Salah satu manfaatnya ya untuk seperti ini.

So itu saja beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan media sosial LinkedIn kamu. Jangan sia-sianya teknologi yang sudah ada, karena itu akan membuat hidupmu lebih mudah asal bisa menggunakan.