Dalam dunia fotografi, banyak sekali genre yang bisa digeluti, salah satunya adalah street photography. Genre fotografi yang satu ini memang cukup unik dan bisa dikatakan menantang. Bahkan kata Eric Kim, seorang street photographer internasional, genre ini membutuhkan keberanian yang matang dibanding kemampuan fotografi itu sendiri.

Itu memang benar. Mengingat, street photography merupakan kegiatan fotografi yang dilakukan di tempat umum / keramaian dan mengambil momen-momen yang menarik dari aktifitas seseorang. Bisa jadi ketika melakukan street photography mendapatkan pujian bahkan makian karena orang yang tidak suka difoto.

Nah, kalau memang kamu suka dan tertantang untuk mendalami gaya fotografi yang satu ini, ada beberapa hal yang perlu kamu miliki. Agar nantinya ketika melakukan street photography tidak mengalami masalah yang terlalu besar.

Berikut yang perlu kamu miliki.

#1 Kamera yang ringkas

Street photography ini dilakukan di tempat umum, dan ketika melakukannya kadang tidak meminta ijin duluan. Ya kalau minta ijin duluan, momen keburu hilang. Nah, karena keadaan inilah kadang ada beberapa orang yang merasa risih ketika difoto dan kadang itu membuat fotografer juga canggung untuk memfotonya.

camera-2298206_640

image via pixabay

Untuk itu sebaiknya ketika ingin melakukan street photography, gunakan kamera yang kecil. Kamera yang kecil itu maksudnya tidak membawa kamera DSLR dengan lensa yang panjang-panjang itu. Cukup bawa kamera saja, tidak perlu bawa flash atau bahkan tripod.

Karena kalau kamu terlalu membawa peralatan yang layaknya seorang fotografer, justru akan membuat street photography tidak berjalan mulus. Banyak orang-orang sekitar yang menjadi risih karena keberadaan kamu. Sehingga sulit untuk mendapatkan momen-momen indah di keramaian.

Owh ya, selain ukuran kamera, sebaiknya gunakan juga kamera mirrorless. Karena kamera mirrorless memiliki bunyi shutter yang senyap dibanding kamera DSLR. Dan sebenarnya tidak harus menggunakan kamera DSLR/Mirrorless. Street photography pun sangat bisa dilakukan menggunakan kamera ponsel. Apalagi sekarang ini kualitas kamera ponsel sudah mumpuni.

#2 Mental yang berani

Seperti apa yang dikatakan oleh Eric Kim, mental di genre street photography itu sangat diperlukan. Kalau kamu nggak berani memotret dikeramaian, ya tidak bakal mendapatkan gambar-gambar yang bagus. Street photography tidak mengenal istilah malu.

Tapi perlu diingat, meskipun berani tetap harus bisa menjaga privasi orang lain. Kalau memang ada momen yang itu dalam koridor privasi seseorang, ya jangan diambil. Kalau pun ingin diambil, setelah mengambil harus ijin dahulu apakah boleh gambar itu disimpan dan dipublikasikan atau tidak.

#3 Kepekaan

Berada di keramaian dan aktifitas banyak orang sangat dibutuhkan kepekaan untuk mendapatkan momen dan angle of view yang menarik. Di sini kepekaan kamu diuji. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi fotografer yang menyukai street photography. Karena mereka bisa mengasah kepekaan terhadap kondisi sekitar.

Dari kepekaan ini nanti dapat menghasilkan foto yang tidak sekedar bagus dari sisi visual, tetapi juga menggambarkan cerita yang ada di dalam foto itu. Itulah sisi dari street photography.

street-photography-1017885_640

Image via pixabay

#4 Kesabaran

Selain kepekaan, kamu juga perlu memiliki kesabaran yang tinggi. Yang namanya motret di tempat umum, tidak selalu ada momen yang bagus. Seperti poin ke tiga tadi, momen yang bagus itu merupakan gambar yang memiliki cerita. Nah disitulah kamu harus bersabar untuk mendapatkan momen yang tepat.

#5 Kemampuan fotografi

Ya, pada akhirnya kamu juga perlu memiliki kemampuan dalam hal fotografi. Bukan sekedar masalah teknis bagaimana mengoperasikan kamera atau memilih mode, tetapi juga mengenai teori-teori fotografi lain. Misalnya saja pemilihan sudut pandang, pencahayaan, dan lain-lain.

Street photography merupakan salah satu genre fotografi yang mudah dilakukan oleh siapa saja, tetapi membutuhkan keberanian yang tinggi. Meskipun mudah, tetapi saja street photography butuh ilmu untuk melakukannya.

Kalau kamu pernah membaca buku-buku fotografi jalanan, kamu akan mendapatkan banyak sekali informasi dan hal-hal baru mengenai street photography.

Buku terkait : Street Photography, Jurus Sakti Fotografi Jalanan Terlengkap