Membaca merupakan salah satu kegiatan yang harus kita lakukan sejak dini karena sarat manfaat. Namun kadang ada orang yang tidak bisa membaca di sembarang tempat. Mereka perlu tempat yang nyaman dan tenang untuk bisa menimbulkan mood untuk membaca. Nah, berikut ada lima perpustakaan keren di Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai referensi tempat membaca yang asyik!

Freedom Institute

Perpustakaan Freedom Institute yang terletak di Jakarta Pusat ini adalah salah satu perpustakaan keren yang ada di Indonesia. Tempatnya nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas seperti sofa yang empuk dan Wi-Fi. Ini tentu saja bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di sana ya.

Grhatama Pustaka

Grhatama Pustaka adalah salah satu perpustakaan milik pemerintah yang masuk jajaran perpustakaan terbaik di Indonesia. Perpustakaan yang terletak di Bantul, Yogyakarta ini menghabiskan dana pembangunan yang cukup fantastis, yakni hingga mencapai 72,5 miliar rupiah. Tak heran dengan dana yang cukup besar itu, para pecinta buku pun bisa menikmati sensasi membaca di perpustakaan yang megah.

Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia

Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia atau yang biasa disingkat perpusat UI ini mungkin terdengar familiar ya, apalagi untuk kalian para mahasiswa. Perpustakaan yang juga sering disebut sebagai crystal of knowledge ini memang milik UI (Universitas Indonesia).

Lokasinya yang berada di dalam kompleks UI Depok ini memiliki luas 2,5 hektare. Karena ukurannya yang besar, perpustakaan ini mampu menyimpan 3 hingga 5 juta buku dan didatangi kurang lebih 20.000 pengunjung setiap hari.

Soeman Hasibuan (HS)

Perpustakaan Soeman Hasibuan adalah satu perpustakaan terbaik yang dimiliki Indonesia. Perpustakaan yang terletak di Riau ini, bahkan mendapatkan predikat sebagai perpustakaan terbaik se-ASEAN pada tahun 2015.

Perpustakaan yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti kantin, mushala, ruang pertemuan, kids corner hingga ruang auditorium ini dibangun dengan menerapkan filosofi islam.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Tak lengkap rasanya jika membahas perpustakaan di Indonesia, tanpa menyebut nama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, salah satu perpustakaan terbaik yang dimiliki Indonesia. Perpustakaan yang sering disingkat perpusnas ini sudah didirikan sejak tanggal 24 April 1778 oleh Bataviaasch Genootschap.

Perpustakaan yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat ini disebut sebagai perpustakaan tertinggi di dunia dengan memiliki 27 lantai dan fasilitas yang memadai.

Tidak hanya dapat menikmati beragam buku yang tersedia di sana, pengunjung perpusnas juga bisa menikmati spot yang langsung mengarah ke Monas (Monumen Nasional). Oh iya, jka kamu ingin membaca buku yang ada di perpusnas, tapi tinggal jauh dari Jakarta, kamu bisa mengakses koleksi bukunya melalui aplikasi iPusnas atau laman perpusnas.go.id lho!

Wah ternyata Indonesia punya banyak perpustakaan keren yang bisa dijadikan tempat membaca yang asyik ya. Setelah ini, kamu udah kepikiran belum mau kemana dulu?