Orangtua pasti sayang sekali dengan keluarganya terutama dengan anak-anaknya. Tetapi setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda antara anak satu dengan anak yang lain. disisi ini sebaiknya orangtua tidak perlu membandingkan anak kita dengan anak oranglain. Karena setiap anak memiliki kelebihan nya tersendiri.

Janganlah meyamaratakan hal tersebut. Dan faktanya anak ada yang memiliki sifat terbuka (ekstrovert) dan ada juga yang tertutup (Introvert). Mungkin banyak sekali para orangtua yang belum mengetahui hal ini secara mendalam. Disini kami akan membahas tentang anak yang Introvet. Oleh karena itu cara menghadapi anak yang introvert :

  1. Anak yang introvert suka menyendiri. Jadi untuk orangtua biarkanlah anak untuk memiliki waku nya sendiri. Karena mereka senang dan nyaman saat sendiri.
  2. Jangan tanyakan dan jangan katakan “teman mu hanya sedikit yah”.  Ini akan membuat anak introvert sedih.
  3. Anak introvert tidak nyaman jika bermain atau belajar berkelompok besar. Oleh sebab itu, orangtua harus mendekatkan dan mencarikan teman yang cocok dengan anak nya. dengan begitu, anak akan bisa lebih terbuka.
  4. Anak introvert suka dengan tempat yang sunyi dan tidak ramai. Oleh sebab itu, orangtua tidak perlu memaksa untuk pergi ke tempat yang ramai seperti tempat perbelanjaan dan sejenisnya.
  5. Berikanlah sesuatu yang membuat anak introvert senang. Seperti buku, komik dan sejenisnya.
  6. Jangan memaksa anak untuk bergaul dengan orang yang tidak cocok dengan anak tersebut. Biarkanlah anak-anak introvert melakukan hal yang di inginkannya.

Hal-hal seperti diatas mungkin banyak sekali orangtua yang tidak tahu. Orangtua hanya bisa men judge dan mengeluh jika anak nya hanya terus berdiam diri di rumah. Dan orangtua akan mengeluh kepada anak nya bahwa anak nya adalah anak yang anti sosial dan tidak mau bergaul dengan teman-teman yang lain. kebanyakan dari orangtua hanya mengeluh dan memprotes anak tanpa memberikan solusi.

Dan faktanya, jika orangtua selalu mengeluh dan memaksa anak-anak introvert untuk bergaul dengan banyak orang. Mereka sangat sulit dan tidak akan merasa nyaman. Dan jangan lah sekali-sekali orangtua mengatakan bahwa anak yang introvert tidak akan sukses. Ini adalah kesalahan fatal.

Karena karakteristik anak berbeda-beda. Dan disini lah peran orangtua yang harus mendukung bukan hanya menjudge anak. Orangtua harus peduli dengan kondisi dan mengerti secara mendalam bagaimana karaktersitik anak. Anak introvert tidak selalu berkaitan dengan karakteristik yang kurang bagus. Nyatanya banyak orang yang sukses dengan sifat yang introvert. Dukunglah anak selagi anak itu tidak menjurus ke hal yang negative.