Apakah Anda adalah penjual online yang sehari-hari berjualan melalui media sosial, website atau marketplace? Jika iya, pastikan Anda sudah menggunakan berbagai alternatif metode pemasaran online. Selain Anda bisa beriklan melalui Google AdWords, Facebook Ads, atau menyewa jasa optimasi SEO, Anda perlu memanfaat penjual lain untuk membantu mengembangkan usaha Anda.

Yaitu dengan memanfaatkan sistem reseller. Ya, dengan sistem reseller, Anda akan mendapatkan order yang lebih cepat dan banyak. Reseller ini ibarat marketing Anda, tetapi mereka juga mendapatkan keuntungan sendiri dari jualannya.

Anda cukup menyediakan stok produk yang lengkap agar para reseller tidak kecewa dengan Anda. Tetapi tidak semua itu. Menyiapkan produk saja tetap tidak bisa. Anda perlu memberikan layanan yang baik kepada para reseller Anda. Karena reseller itu bisa saja meninggalkan Anda setiap saat. Kalau waktu ramai-ramainya usaha Anda tiba-tiba reseller kabur, ya yang rugi Anda sendiri.

Untuk itu perlu menyiapkan cara dan formula yang tepat agar reseller bisa betah dengan Anda dan sama-sama untung dari bisnis yang Anda kembangkan ini.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar sukses jualan online dengan memanfaatkan sistem reseller ini. Diantaranya sebagai berikut :

#1 Data semua reseller

Ketika ada orang baru yang ingin bergabung menjadi reseller, datalah mereka secara lengkap. Kalau perlu buatkan pembukuan atau transaksi pembelian dari Anda. Mereka ini aset bisnis Anda, maka Anda perlu mendata para reseller. Nantinya dari pendataan ini bisa dikembangkan ke layanan lain yang berhubungan dengan reseller.

#2 Pilih Reseller yan serius

Sekarang banyak orang ingin menjadi reseller produk, karena mereka menganggap jualannya mudah, cukup share ke media sosial. Dan biasanya mereka jadikan ini sebagai sampingan saja. Alhasil kinerja kurang maksimal.

Nah, sebaiknya Anda memilih reseller yang benar-benar serius ingin berjualan. Biasanya yang serius ingin berjualan itu akan mengambil produk dari Anda dalam jumlah yang banyak. Dan mereka juga memasarkannya secara serius melalui berbagai media termasuk memiliki website/toko online sendiri.

Kalau perlu di setiap pendaftaran awal, Anda berikan syarat untuk deposit sejumlah uang dulu ke Anda. Deposit ini bukan untuk biaya pendaftaran, tetapi sebagai bukti kalau mereka serius. Nantinya deposit ini akan dikembalikan jika sudah mencapai berapa jumlah transaksi atau ketika mereka keluar dari keanggotaan.

#3 Berikan bonus ke Reseller

Supaya reseller betah, jangan sekadar memberikan harga yang miring. Tetapi berikan bonus-bonus kepada reseller Anda. Misalnya jika mereka sudah mencapai sejumlah transaksi, maka akan mendapatkan barang atau bonus uang. Itu terserah kebijakan Anda. Intinya berikan bonus sebagai penyemangat mereka.

#4 Berikan Tips Berjualan

Kalau reseller banyak transaksi, yang untung juga Anda. Jadi rawatlah para reseller Anda ini dengan memberikan tips-tips berjualan secara online. Anda bisa berbagi pengalaman atau Anda bisa ajak mereka bergabung di grup diskusi Whatsapp untuk sharing masalah optimasi jualan. Dari situ juga bisa saling sharing masalah yang dihadapi.

Dengan seperti ini mereka (reseller) juga merasa dijaga dan diperhatikan. Sehingga secara tidak langsung mereka akan semakin yakin dan percaya dengan bisnis yang dijalaninya, meski itu hanya sebagai reseller.

Baca buku terkait reseller : Step By Step Bisnis Dropshipping & reseller

Yang terpenting adalah bagaimana Anda menyatukan para reseller ini. Mereka adalah pahlawan bisnis Anda, tanpa mereka mungkin bisnis Anda kurang berkembang dan omzet tidak besar. Rawatlah mereka dan anggap mereka sebagai pegawai Anda. Meskipun mereka juga berjualan, berikan yang terbaik untuk mereka para reseller Anda.