Kadang membaca buku sendiri itu menjemukan. Akan lebih asyik kalau ada temannya, apalagi punya kesamaan membaca genre buku yang sama. Tapi masalah adalah tidak semua dari kita punya teman yang suka membaca buku. Di era sekarang ini memang sulit.

Tak ada salahnya jika kita meracuni teman kita untuk mau baca buku. Ya hitung-hitung bisa nemenin dan baca buku bareng, bisa saling bertukar pikiran dari buku yang dibaca masing-masing, pasti seru.

Kalau kamu termasuk orang yang suka baca buku sendiri dan butuh teman, lantas tidak ada teman dekat yang suka baca buku, mending kita racuni bersama-sama. Bagaimana caranya? Kali ini saya ada beberapa tips buat kamu. Ssst, jangan bilang-bilang temanmu ya.

#Tips Pertama

Main ke rumahnya/kosannya lalu pura-pura bukunya ketinggalan. Cara pertama kamu bisa main ke rumah atau tempat tinggalnya. Ya main biasa saja, lalu kamu bawa salah satu buku kamu. Tapi coba bawa buku yang sekiranya cocok sama dia. Di sini kamu juga perlu tahu kira-kira dia suka soal apa.

Nah, pas pamit pulang, kamu pura-pura lupa untuk bawa bukunya pulang. Sengaja aja bukunya ditinggal di tempat temanmu supaya dia punya kesempatan buat buka buku itu.

Kalau teman mu bilang kalau bukunya ketinggalan, kamu bilang saja biarin supaya di situ dulu atau kamu suruh dia baca saja soalnya itu isinya sesuai sama kesukaannya. Kalau sudah seperti itu, berdoa saja semoga dia mau membacanya. 😀 Dan dia mulai menyukai kegiatan membaca.

#Tips Kedua

Ajak ke toko buku. Dia nggak suka baca buku, tapi bukan berarti dia tidak mau ke toko buku. Ajak saja dengan alasan suruh nemenin beli buku. Ingat, tujuannya ke toko buku adalah semua dia tertarik dengan salah satu buku. Supaya dia tertarik, cobalah ajak keliling di rak buku yang sesuai dengan genre yang dia suka. Misalnya dia suka olahraga, ajak ke rak buku tentang olahraga.

Sekali-kali tawari ke dia apa tidak mau beli buku. Lihat responnya dan bujuk lagi dengan buku-buku rekomendasi yang bikin dia tertarik membacanya. Ingat, pokoknya rekomendasikan buku yang sesuai dengan minatnya.

#Tips Ketiga

Membelikan dia buku. Bisa jadi teman kamu nggak suka baca buku karena memang belum terbiasa. Untuk itu cobalah kamu paksa dengan cara membelikannya buku. Supaya tidak terkesan menyuruh banget, belikan pas momen-momen berharga, seperti pas waktu ulang tahun. Jadikan buku sebagai kado.

Kalau kamu termasuk teman yang akrab, pasti buku pemberian kamu akan dibaca sebagai bentuk rasa terima kasihnya.

#Tips Keempat

Berikan penjelasan. Kalau pakai cara-cara ‘sogokan’ di atas tidak mempan. Cara terakhir adalah dengan memberikan penjelasan kepadanya tentang pentingnya membaca buku. Berikan penjelasan bahwa membaca buku itu bukan sekedar untuk menambah wawasan saja, tetapi buku juga sebagai hiburan dan penghilang stress.

Buku dapat menjadikan media untuk mengembangkan diri dan berikan selalu informasi yang bermanfaat dari membaca buku.

Jangan pernah putus asa untuk mengajak teman membaca buku. Sekali-kali bisa sindir dia kalau membaca status di timeline media sosial saja betah masa membaca buku tidak.

Baca juga : 5 Cara Menumbuhkan Minat Membaca

Supaya orang suka membaca itu memang butuh kebiasaan. Kalau tidak terbiasa, ya bawaannya males. Selain harus terbiasa juga perlu rutin, supaya kebiasaan itu tidak hilang. Dan mengajak teman untuk membaca buku adalah salah satu cara untuk meningkatkan kebiasaan membaca supaya tidak bosan.