Semua orang itu bisa menulis, hanya saja yang membedakan adalah gaya penulisannya dan aspek bidang yang ingin ditulisnya. Kalau ada orang yang mengatakan dirinya tidak bisa menulis, itu karena malas dan tidak mau mencoba saja.

Biasanya yang baru-baru belajar menulis, gaya tulisannya akan terlihat kaku, sulit dipahami dan kadang terlalu berbelit-belit. Tetapi itu wajar, namanya juga masih tahap belajar. Kalau nantinya sudah lancar, ketika ada orang yang membaca tulisannya pasti akan seperti mendengarkan orang berbicara. Seakan tulisannya mengajak ngobrol orang yang membacanya.

Nah tulisan yang seperti itu biasanya akan menjadi salah satu mengapa orang (pembaca) suka dengan penulisnya. Salah satu ya itu, tulisan-tulisannya mudah dipahami.

Dan yang perlu dipahami oleh semua penulis pemula, bahwa keterampilan menulis itu harus terus diasah. Jangan sampai ketika merasa hari ini disanjung orang karena tulisannya bagus, lantas berhenti belajar. Menulis itu membutuhkan belajar yang terus menerus sesuai dengan perkembangan zaman.

Maka dari itu untuk bisa meningkatkan kemampuan menulis, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Perbanyak membaca

Percaya atau tidak, dengan memperbanyak membaca buku maka akan berpengaruh pada kemampuan menulis. Karena secara tidak sadar, ketika kita banyak membaca, maka otak akan menyerap banyak kosa kata. Apalagi ketika kita mendapatkan kosa kata baru yang unik, dan kita paham maksudnya.

Nantinya ketika kita menulis, maka kasanah kosa kata pun akan mengalir begitu saja. Seakan kita ter-influence dengan kata-kata yang ada dalam buku yang kita baca. Cobalah, kamu pasti akan merasakannya. Yang pasti akan dirasakan adalah dalam menulis kamu nanti akan bisa menggunakan kosa kata baru yang membuat tulisan lebih enak dibaca.

2. Pelajari EYD dan KBBI

Seorang penulis wajib tahu EYD dan KBBI. Meskipun ia adalah penulis yang tidak mengharuskan menggunakan tata bahasa yang baku, tetapi mengetahui EYD dan KBBI sangatlah membantu. Apalagi ketika mendengar istilah-istilah baru, nantinya bisa digunakan saat menulis.

Dan ini juga akan meningkatkan rasa percaya diri kamu dalam menulis.

3. Minta feedback dari orang lain

Meskipun kamu sedang belajar menulis, jangan malu untuk meminta feedback dari orang lain mengenai tulisan kamu. Justru feedback itu yang sangat diperlukan agar mengetahui kekurangan kamu dalam menulis. Coba saja kamu buat blog terus posting tulisan di blog, dan share tulisan itu ke teman atau yang lebih profesional dalam menulis. Kalau bisa jangan minta dipuji, tetapi dikritik agar kamu benar-benar mendapatkan PR untuk memperbaikinya.

4. Teruslah menulis

Dan yang paling penting adalah jangan berhenti menulis. Menulislah setiap hari tentang apapun itu. Karena ketelatenan dan konsistensi itulah yang akan membuat kamu terbiasa. Kalau sudah terbiasa maka kemampuan menulis kamu akan meningkat dengan sendirinya.

Tapi ya perlu diingat, jangan sekadar menulis tetapi juga lihat sendiri tulisan mu. Revisi sendiri tulisan mu agar mendapatkan yang terbaik.

5. Belajar dunia literasi

Kalau memang kamu ingin menjadi penulis yang terkenal atau punya tulisan yang bagus dan disukai banyak orang. Maka kamu harus terus belajar, khususnya belajar dunia literasi. Kamu bisa mempelajari berbagai macam gaya penulisan, kemudian bagaimana menulis yang menghipnotis, bagaimana menulis yang menggerakan emosi dan psikologis dan lain-lain.

Baca juga : Cara Mendapatkan Ide untuk Menulis Kreatif

Semua itu perlu kamu pelajari. Itulah proses yang perlu kamu lakukan agar memiliki kemampuan menulis yang lebih baik lagi. Tetap hargai proses dan jangan mau menjadi instant.