Tidak selamanya ujian yang diberikan oleh guru/dosen harus dalam keadaan tertutup (tidak boleh menyontek). Ada kalanya guru memberikan kebebasan bagi siswanya untuk mengerjakan ujian secara open book.

Akan tetapi tidak jarang pula banyak siswa yang kesulitan mengerjakan ujian walaupun sudah dikasih kebebasan untuk membuka buku/catatan. Jelas ini sangat rugi sekali apabila tidak bisa mengerjakannya. Padahal momen ini bisa digunakan untuk meningkatkan nilai yang dimiliki.

Ujian open book secara teori memang mudah, tapi faktanya banyak yang kesulitan juga. Nah, supaya kamu tidak merasa kesulitan mengerjakan ujian open book, mending baca referensi tips berikut ini.

#1 Tetap belajar

Ya, meskipun jauh-jauh hari sudah diinformasikan ada ujian secara open book, kamu tetap harus belajar seperti biasa. Jangan terus membebaskan diri dengan tidak belajar dengan alasan besok bisa membuka catatan.

Tujuannya tetap belajar adalah untuk mengingat kembali materi-materi yang sudah diberikan dan tentunya mengingat bagian-bagian materi yang nanti akan muncul di ujian.

#2 Kerjakan yang mudah

Ketika sudah mengerjakan ujian, meski dapat open book, jangan langsung mengerjakan soal yang sulit dan membutuhkan open book. Kerjakan dulu soal yang mudah dan tidak perlu open book. Hal ini bertujuan untuk menghemat waktu. Kalau sedari awal kamu sudah open book, itu akan menghabiskan waktu.

Perlu kamu ketahui, ujian open book justru akan membuat kamu menghabiskan waktu lama jika tidak ada persiapan sama sekali.

#3 Tulis poin pentingnya

Ketika kamu belajar, kamu perlu menulis poin-poin penting materi yang kemungkinan muncul di ujian. Tulis di kertas kosong agar kamu tidak kesulitan mencari jawabannya. Lagi pula ini akan memudahkan kamu ketika mencari jawaban di buku nanti.

#4 Kembangkan jawaban

Ini benar tapi kurang tepat, yaitu menulis jawaban sama persis dengan yang dibuku. Jawabannya sih benar, tapi tindakan ini mencerminkan kamu tidak kreatif dalam mengembangkan jawaban. Guru kamu pun akan menilai kamu kalau kamu sekedar mencontek yang ada dibuku tanpa dikembangkan sendiri.

Nah untuk mendapatkan nilai yang sempurna, usahakan selalu menulis jawaban dengan pengembangan sendiri. Jawaban yang ada di buku hanyalah patokan.

Itulah beberapa tips dan cara untuk mengerjakan ujian open book. Pastikan untuk selalu mempersiapkan sebelum ujian. Jangan memudahkan ujian open book.