Hai, sobat pembaca bukupedia.com. Ketika lulus SMA, kita akan dihadapkan untuk lanjut kuliah atau bekerja. Bagi sobat yang memilih kuliah, harus mengetahui bahwa sistem perkuliahan berbeda dengan sistem di SMA. Sistem pembelajaran di kampus, mahasiswa/i yang dituntut aktif bukan dosen. Mahasiswa/i dituntut proaktif saat belajar dan mengejar Indeks Prestasi (IP) sebaik-baiknya, sedangkan dosen bersifat sebagai fasilitator belajar.

Perkuliahan juga identik dengan namanya nilai Indeks Prestasi (IP). Indeks Prestasi (IP) adalah nilai kumulatif dari seluruh mata kuliah yang diambil mahasiswa/i. Indeks Prestasi (IP) dibagi dua, yaitu; Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Indeks Prestasi Semester (IPS) adalah nilai seluruh mata kuliah pada satu semester. Sedangkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) didasarkan nilai seluruh mata kuliah pada setiap semester yang digabungkan.

Foto: Pexels

Untuk memperoleh nilai IP yang tinggi tidak hanya diperoleh dengan belajar. Mahasiswa/i yang rajin belajar belum tentu memperoleh nilai IP tinggi. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara memperoleh nilai Indeks Prestasi (IP) yang bagus. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan agar memperoleh nilai IP tinggi, diantaranya;

  1. Lakukan Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) dengan benar

Kartu Rencana Studi (KRS) adalah rencana mata kuliah yang akan diambil oleh mahasiswa/i disetiap semester. Pengisian KRS dengan baik dan benar, akan meminimalisir kesalahan dosen ketika memberi nilai. Pengalaman dari seorang teman yang memperoleh nilai mata kuliah bagus. Akan tetapi, ketika diketahui salah mengisi kode seksi mata kuliah di KRS berpengaruh pada nilainya. Dia tidak memperoleh nilai pada mata kuliah tersebut. Walaupun dapat diperbaiki, itu akan menyita waktu untuk mengurus administrasi perbaikan nilai.

  1. Belajar

Mahasiswa/i harus rajin belajar dan sering membaca buku. Sebab ada dosen yang memberi nilai berdasarkan keaktifan mahasiswa/i saat belajar. Keaktifan mahasiswa/i dilihat dari kemampuan menjawab dan mengajukan pertanyaan ketika diskusi kelas. Mahasiswa/i yang aktif saat diskusi kelas akan memperoleh nilai plus dari dosen. Hal itu dapat dilakukan apabila mahasiswa/i rajin belajar dan sering membaca buku.

  1. Jaga Hubungan Pertemanan

Menjaga hubungan dengan teman juga berpengaruh terhadap perkuliahan seorang mahasiswa/i. Pertemanan yang baik akan memudahkan seorang mahasiswa/i. Contoh misal ketika sedang mempresentasikan topik diskusi di depan kelas. Tidak akan memperoleh pertanyaan sulit dari teman sekelas. Sebab kita sudah baik kepada teman, sehingga mereka juga baik terhadap kita.

  1. Jaga Hubungan Baik Dengan Dosen

Hubungan baik dengan dosen sangat berpengaruh terhadap perkuliahan seorang mahasiswa/i. Ada sebagaian dosen yang memberi nilai berdasarkan suka atau tidak suka terhadap pribadi seorang mahasiswa/i. Untuk itu, seorang mahasiswa/i harus menjaga sikap ketika berhadapan dengan dosen. Agar dosen menganggap diri kita baik serta berpengaruh pada kemudahan perkuliahan.

  1. Berdoa

Apabila seorang mahasiswa/i sudah rajin belajar dan berusaha keras memperoleh nilai yang baik. langkah terakhir yang harus dilakukan adalah berdoa. Serahkanlah segalanya kepada Tuhan dengan berdoa.

 

Demikian pengalaman yang saya dapat bagikan mengenai bagaimana memperoleh nilai Indeks Prestasi (IP) yang bagus. Mohon maaf apabila ada kekurangan. Semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang berkuliah ataupun sobat yang baru memulai berkuliah. Terimakasih.

 

 Featured Image: Clsl