Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggenjot semangat membaca, salah satunya adalah dengan membuat perpustakaan mini di rumah sendiri. Kalau sudah punya perpustakaan sendiri akan lebih enak dalam membaca, bahkan bisa menularkan kegemaran membaca ke sanak saudara.

Tetapi hal seperti ini kadang jarang terpikirkan oleh orang terutama mereka yang mengaku gemar membaca. Atau bahkan ada yang mengira harus membutuhkan modal yang besar dalam membuat perpustakaan mini di rumah sendiri.

Padahal sebenarnya tidak, kamu mulai sekarang bisa kok membuat perpustakaan sendiri. Supaya tidak terlalu memakan modal besar, lebih baik simak tips dari kami ini.

#1 Siapkan tempat untuk dibuat perpustakaan

Kamu tidak perlu menggunakan ruangan yang sebenarnya sudah diperuntukkan untuk ruangan lain, cukup gunakan saja sudut rumah yang sekiranya bisa leluasa jika nanti diberi rak buku. Karena kamu bisa menggunakan tempat mana saja untuk dijadikan perpustakaan mini, sehingga tidak perlu membuat ruangan khusus.

Tetapi kalau di rumah ada ruangan yang nganggur, justru akan lebih baik.

Kalau tidak ada, kamu bisa gunakan ruang keluarga sebagai perpustakaan, bahkan ruang tidur sekalipun.

Perpustakaan Rumah

Kemudian kuncinya ada di tempat rak buku itu sendiri. Untuk membuat perpustakaan mini di rumah, kamu cukup membuat rak buku yang modelnya bersusun. Sehingga tidak akan menyita space ruangan yang banyak. Model rak seperti ini cukup efektif dan bisa menampung banyak buku.

Mengapa yang pertama harus menyiapkan tempat? Karena agar kamu bisa termotivasi untuk mengisi tempat atau rak buku itu. Alhasil kamu akan membeli buku kapan pun untuk mengisinya menjadi sebuah perpustakaan.

#2 Sediakan budget untuk membeli buku setiap bulannya

Sebenarnya tidak harus setiap bulan, kalau mau setiap minggu juga boleh. Cuma kalau setiap bulan bisa dianggarkan dengan pengeluaran setiap bulannya. Nah, kamu harus wajib membeli buku minimal 1 setiap bulannya. Buku apapun itu yang penting nanti bisa diperlukan. Tidak perlu membeli buku yang disukai, karena nantinya ini dijadikan koleksi perpustakaan dan pembacanya tidak kamu saja.

Dalam membeli buku, kamu bisa mengandalkan waktu-waktu yang tepat. Misalnya saja ketika ada bazar buku, kamu coba borong buku di sana, karena harga biasanya lebih murah (ada promo).

Atau kamu bisa berbelanja buku di beberapa toko buku online, seperti BukuPedia.com yang sering mengadakan promo diskon.

#3 Buat catatan inventaris buku

Setiap buku yang kamu beli, wajib dicatat atau diinventarisasi. Gunanya agar ketika nanti buku dipinjam atau untuk keperluan dokumentasi, kamu bisa lebih mudah mengelolanya. Meskipun ini untuk perpustakaan rumah, kamu harus mengelolanya dengan baik. Jangan sampai nanti buku-buku koleksimu malah banyak yang hilang.

#4 Rawatlah koleksi buku mu

Supaya koleksi-koleksi buku perpustakaan mu bisa awet dan tetap layak dibaca sampai bertahun-tahun, maka rawatlah bukumu. Misalnya saja dengan memberikan sampul di setiap buku yang kamu koleksi. Lalu perhatikan juga kebersihan dari rak buku, jangan sampai kotor. Karena itu akan membuat buku menjadi rusak.

Baca juga : Yuk Rawat Buku Supaya Bisa Awet dan Tidak Mudah Rusak

Mungkin itu dulu yang bisa kami berikan, semoga kamu bisa membuat perpustakaan mini di rumah sendiri. 🙂