Buku pelajaran sekolah itu wajib dimiliki karena akan menjadi media belajar selama proses belajar mengajar. Dan kadang buku pelajaran sekolah dipinjamkan dari sekolah atau beberapa ada guru yang merekomendasikan buku pelajaran untuk dibeli melalui sekolah.

Nah kadang meskipun sudah dapat buku pelajaran dari sekolah, siswa ingin membeli buku pelajaran lagi sebagai bahan tambahan referensi saat belajar. Ini tentu boleh-boleh saja, akan tetapi saat membeli buku pelajaran sekolah di toko buku, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Cari buku yang lebih spesifik

Misalnya kamu ingin membeli buku pelajaran IPA, nah sebaiknya saat ingin membeli buku pendukung, carilah yang lebih spesifik. Misalnya saja yang membahas masalah jenis-jenis tanaman, atau bab lain yang memang ada di pelajaran tersebut. Intinya cari yang memang menurut kamu ingin didalami dan perlu kamu pahami lebih dalam.

Karena kalau beli buku yang juga umum, biasanya isinya sama saja. Hanya beda di contoh-contohnya saja.

Cari dari penerbit lain

Misalnya saja kamu sudah punya buku pelajaran dari sekolah dengan penerbit A, maka coba cari yang dari penerbit B. Biasanya akan ada perbedaan materinya meskipun secara kurikulum memang sama.

Dan tentunya tetap berpedoman pada poin pertama.

Beli buku penunjang pelajaran

Biasanya ada buku penunjang pelajaran yang memang disusun berbeda dari buku kurikulum yang ada. Dan buku penunjang ini akan lebih banyak soal-soalnya. Atau kamu bisa membeli buku bank soal saja, karena buku pelajaran tidak harus yang berisi materi teori-teori saja, tapi juga perlu soal.

Justru dengan membeli buku-buku soal pelajaran akan membuat kamu lebih cepat memahami materi yang diajarkan.

Beli buku untuk tingkat kelas selanjutnya

Tidak ada salahnya membeli buku untuk tingkat kelas selanjutnya. Karena yang namanya buku pelajaran adalah fungsinya untuk belajar. Ketika kamu sedang tidak ada bahan belajar yang lain, kamu bisa membaca-baca atau mengerjakan soal yang ada di buku tingkat kelas selanjutnya. Ya memang sulit karena belum diajarkan oleh guru, tetapi dengan mempelajarinya sendiri akan membuatmu bisa siap di jenjang kelas selanjutnya.

Dan biasanya pelajaran di jenjang kelas berikutnya itu masih ada kaitannya dengan pelajaran kelas saat ini.

Kesimpulannya adalah ketika kamu ingin membeli buku pelajaran sekolah, janganlah beli yang memang sudah ada di sekolah. Belilah buku yang berbeda dan kalau bisa yang lebih spesifik. Karena kamu butuh materi dan referensi tambahan yang kadang tidak ada di buku sekolah yang sudah ada.