Anda bekerja keras setiap hari, hal itu mungkin Anda anggap penting, namun Anda tidak melihat perbaikan jangka panjang untuk diri Anda. Anda merasa terjebak pada level dimana saat ini Anda tidak bisa bergerak maju. Anda melihat teman Anda dan rekan kerja dipromosikan dan terus berkembang, Apa yang berbeda dengan Anda dan teman teman Anda?

Mungkin Anda sedang berada pada keadaan diatas? Jika iya, mungkin Anda bisa menggunakan aturan 5 jam ini. Teknik ini dipakai oleh orang-orang sukses di dunia seperti Bill gates, Oprah Winfrey, dan Mark Zuckerberg, hal yang mungkin sangat sederhana dapat membantu Anda merubah hidup Anda yang monoton menjadi lebih berkualitas dan tentunya Anda mungkin bisa menjadi lebih sukses.

Berikut kami berikan caranya untuk Anda pelajari dan Anda terapkan:

Habiskan 5 jam dalam seminggu untuk mempelajari hal yang benar-benar Anda rencanakan

habiskan hal untuk anda rencanakan

Aturan 5 jam memakan waktu 5 jam perminggu atau 1 jam setiap harinya dan difokuskan pada pembelajaran yang Anda rencanakan. Dengan kata lain Anda harus menyisihkan waktu untuk memberi perhatian penuh pada pembelajaran dan pengembangan diri. Hal ini akan  membuat diri Anda menjadi seseorang yang berbeda  dan akan memberikan Anda pengalaman terbaik.

Membaca

membaca

Indonesia menduduki peringkat kedua didunia untuk negara dengan minat membaca terendah. Padahal disisi lain, membaca adalah salah satu kebiasaaan yang biasa dilakukan oleh orang-orang sukses dan merupakan cara yang sangat mudah untuk belajar. Cobalah menyimpan buku di tas Anda setiap saat dan rencanakanlah untuk membaca buku tersebut setiap minggunya. Anda bisa membaca satu bab sehari atau sejumlah buku setiap bulannya. Dengan kemajuan jaman, ketersedian eBook dengan tema yang menarik sangat mudah didapatkan, atau jika Anda lebih menyukai buku cetak namun tidak ingin menyusahkan, Anda bisa membelinya di Bukupedia.com, kapanpun dan dimanapun. Bill Gates adalah seorang sukses yang memiliki kebiasaan membaca setidaknya 50 judul buku setiap tahunnya, dan tentunya ia menerapkan apa yang ia baca dalam hidupnya.

Refleksi atau perenungan

refleksi atau berpikir

Refleksi atau perenungan adalah hal yang penting dalam suatu pembelajaran. Jika Anda mencoba untuk mengkonsumsi terlalu banyak informasi tanpa mengolah dan merefleksikan hal tersebut maka Anda hanya akan merasa terbebani dan menghambat Anda untuk mempelajari hal baru. Merencanakan waktu untuk berpikir dan merenung adalah hal yang Anda perlukan. Cobalah menyimpan catatan dari buku yang Anda baca, ide yang Anda tidak sengaja temukan atau apapun itu dan Anda renungkan kemungkinan- kemungkinan apa yang akan terjadi jika Anda menjalani ide Anda. Ini akan mengasah intuisi Anda dan memberikan Anda kesempatan untuk memikirkan pelajaran baru yang Anda pelajari selama ini. Hal ini juga mampu untuk mengembangkan gagasan yang Anda miliki untuk menjalani masa depan.

 

Bereksperimen

berexperiment

Eksperimentasi sangat penting jika Anda ingin maju dalam kehidupan. Sisihkan beberapa waktu setiap minggu untuk menguji teori atau gagasan baru, tidak peduli apa tanggapan orang lain terhadap apa yang Anda lakukan. Beberapa produk paling sukses di dunia telah muncul sebagai hasil eksperimen. Inovasi tidak pernah datang dari melakukan hal yang sama berulang-ulang. Sekalipun eksperimen Anda gagal, Anda akan belajar pelajaran berharga, lebih dari apapun.

 

Tidak usah bingung antara bekerja dan belajar

bekerja atau belajar

Merasa terjebak antara pilihan bekerja atau belajar? Kalian harus ingat pepatah, kehidupan adalah pelajaran seumur hidup, jadi Anda memang perlu terus belajar. Anda mungkin berpikir bahwa bekerja selama 40 jam seminggu sudah cukup bagi Anda untuk melihat perbaikan? Anda salah! Sementara Anda berfokus pada masalah sehari-hari, Anda tidak memberi diri Anda waktu untuk berkembang . Aturan 5 jam ini adalah tentang pembelajaran yang terfokus, bukan tentang bekerja setiap hari dan berharap Anda bisa belajar sesuatu. Tetapkan tujuan pembelajaran yang spesifik dan beri waktu untuk mencapainya, dan Anda akan melihat perbaikan yang besar dalam diri dan pribadi Anda.

Fokus pada Perbaikan, Bukan Hanya Produktivitas

fokus pada perbaikan

Anda mungkin percaya bahwa semakin produktif Anda, semakin sukses Anda nantinya, tidak sepenuhnya benar sih…. Produktivitas berperan dalam kesuksesan, memang betul, namun jika Anda terus-menerus berfokus pada pekerjaan Anda saat ini, dan bukan pada perbaikan diri jangka panjang, Anda tidak akan pernah melihat banyak perkembangan dalam hidup dan pribadi Anda seiring berjalannya waktu. Memang terdengar sulit untuk membiarkan diri Anda mengorbankan 5 jam dalam seminggu untuk belajar dan tidak mendapatakan imbalan dan dampak yang langsung terasa pada diri Anda, tapi Anda akan berterima kasih pada diri Anda untuk hal itu dalam jangka panjang. Cobalah untuk melihat ini dan tidak selalu membandingkannya dengan reward atau imbalan. Mendedikasikan waktu untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri.

Inspirasi ini diambil dari beberapa pengusaha dunia yang paling sukses dan menerapkan kebiasaan ini 5 jam seminggu untuk pembelajaran yang mereka rencanakan