Pernahkah anda merasakan kecemasan? kecemasan layaknya dinding bata yang menghalangi kesenangan anda. Anda ingin menikmati waktu dengan teman-teman dan keluarga? terbentur dengan kecemasan, anda ingin pergi bekerja tapi terbentur kecemasan, Anda ingin berlibur namun terbentur kecemasan, dan banyak lagi hal buruk yang terjadi akibat kecemasan yang kita alami. Terus memukul dinding bata adalah hal yang sulit dan akan membuang energi percuma. Bila anda mengalami kecemasan, segala sesuatu yang anda lakukan akan terasa berat dan tak akan bisa nikmati secara utuh, layaknya ada dinding bata besar ditengah jalan yang membuat segalanya terasa diluar kemampuan kita dan sangat sulit diperoleh. Dinding ini diisi dengan banyaknya hormon stress, mood yang tak menentu dan mindset yang melemahkan. Lalu bagaimana caranya untuk mengurangi kecemasan?

Anda tentu saja dapat merobohkan dinding tersebut dangan mudah jika anda mengetahui apa yang harus anda lakukan. Bukan dengan pengobatan medis atau hal hal yang yang berbau mistik, namun dengan tindakan yang lebih spesifik yang bisa anda lakukan sendiri yaitu “Revolusi gaya hidup”. Berikut kami paparkan kepada anda tentang revolusi gaya hidup dan menjadikannya sebagair rutinitas pada awal hari anda untuk mengurangi kecemasan Anda.

kecemasan anda

Masalah biologi dan masalah gaya hidup

Semua orang melihat kecemasan sebagai masalah psikologis, padahal tidak semua! Kecemasan tentu saja dapat dipicu oleh pikiiran negatif dan siklus pikiran itu sendiri, namun tubuh manusia didesain untuk bertahan terhadap pikiran negatif, masalah,  dan segala hal seperti contohnya masalah biologis fisik. Tubuh kita itu kuat.

Biasanya ada keseimbangan yang baik antara hormon pemicu stress (adrenalin dan kortisol)  dan neurotransmitter penerima rasa nyaman (pembawa pesan kimiawi di otak). 2 hal ini saling melengkapi satu sama lain dan menciptakan apa yang disebut dengan “hormon harmony”. Bisa dibilang, keseimbangan ini menciptakan ketenangan di seluruh tubuh. Kecemasan mulai tidak terkendali ketika hormon pemicu stress yaitu adrenalin dan kortisol terlalu tinggi, bersamaan dengan itu neurotransmitter penerima rasa nyaman tidak peka terhadap keadaan ini, (biasanya karena banyak pikiran).

Paparan diatas adalah tentang pembentuk kecemasan itu sendiri, dan untuk pemecahannya anda hanya perlu tahu bagaimana membalikan keadaan itu salah satunya adalah dengan revolusi gaya hidup. Lalu apa itu revolusi gaya hidup?

Revolusi gaya hidup adalah tindakan kecil sehari-hari yang dapat memulihkan ketidakstabilan hormon anda, dan tentunya untuk mengembalikan “hormon harmony’ seperti semula hingga kecemasan anda mulai menurun.

 

Rutinitas pagi hari

Berikut adalah hal yang bisa anda lakukan untuk mengawali hari guna meningkatkan harmoni hormon anda:

olahraga ringan

10 menit olahraga singkat

Melakukan olah raga selama 10 menit saya rasa cukup ringan untuk siapapun. Namun mengapa hanya sepuluh menit? Hal ini baik jika anda dilanda kecemasan, karena jika hormon pemicu stress anda tinggi, melakukan olahraga normal hanya akan menambah tingkat kecemasan anda.  sebaliknya, olah raga ringan dan singkat memungkinkan tubuh beradaptasi dengan rasa stres yang anda alami. Hal ini juga berdampak pada efek normalisasi hormon adrenalin/kortisol dan akan menstabilan hormon harmony anda ketika anda beristirahat.

olah nafas

5 menit olah nafas

Setelah melakukan pemanasan dengan olah raga ringan,  melakukan latihan pernafasan adalah hal yang tidak kalah penting. Jika hal ini dilakukan setiap hari, maka ini akan melatih tubuh anda untuk bernafas dengan benar. Dengan kata lain, latihan ini bisa membantu menenangkan sistem-sistem saraf dan akhirnya terus mengurangi hormon-hormon penyebab kecemasan.

Untuk berlatih penapasan yang teratur, ikutilah langkah berikut:

  • Duduklah di tempat yang tenang dengan postur yang baik
  • Jauhkan kepala Anda dan bahu belakang, sehingga saluran napas Anda terbuka
  • Perlahan-lahan bernapas melalui hidung dan keluar melalui mulut Anda
  • Pastikan perut Anda meluas dengan setiap napas, untuk memastikan pernapasan dalam
  • Ulangi tindakan ini selama lima menit

sarapan lengkap

Sarapan lengkap

Lelah melakukan 2 aktifitas tersebut maka waktunya kita memakan makanan yang “lengkap” pada saat sarapan untuk mengurangi tingkat kecamasan yang anda alami. Namun apa makanan lengkap tersebut? sebuah makanan lengkap adalah makanan yang memiliki keseimbangan dari tiga macronutrients yang diperlukan tubuh yaitu lemak, protein dan karbohidrat. Sarapan pada umunya cenderung tidak seimbang dan sangat tinggi dengan karbohirat olahan. Sarapan seperti ini menciptakan efek yang besar pada kadar gula anda dan hal ini membuat tubuh anda melepaskan hormon pemicu stress lebih banyak. Memakan makanan lengkap menstabilkan kadar gula anda. Mungkin untuk menu sarapan, anda bisa mencoba dengan yoghurt tinggi protein, gandum, blueberry dan kacang almond.

Ketiga hal tersebut adalah hal yang mungkin bisa anda lakukan di pagi hari untuk mengurangi kecemasan yang membelenggu anda selama ini, seperti yang kita bayangkan, ketiga aktifitas tersebut saling melengkapi dan membantu untuk mengembalikan keseimbangan harmoni hormon pada tubuh.

energu motivasi

Energi motivasi

Sekarang, setelah yang telah kami beritahukan untuk anda, anda mungkin memiliki sedikit energi motivasi. Ini seperti menemukan cahaya dalam pikiran anda yang gelap, anda dapat menerima seluruh masukan yang telah kita bahas diatas dan hal itu sejalan dengan pikiran anda. Dalam hati anda berkata “baik, saya akan melakukan hal ini.”  Namun masalahnya adalah cahaya tersebut tidak akan bertahan lama dan kemungkinan besar malah akan padam, artinya anda akan lupa tentang apa yang kita bahas diatas dan hal-hal tersebut tidak akan menjadi bagian dari rutinitas anda.

Jadi yang bisa anda lakukan sekarang adalah rutin untuk menjaga semangat anda untuk berubah. Perlu anda ingat, mengurangi kecemasan dalam pikiran anda berarti merevitalisasi hidup anda. Jika rasa cemas anda belum berkurang sesudah melakukan hal ini mungkin anda membutuhkan nasihat medis dan berbicara dengan dokter atau psikiater, tidak perlu malu. Atau mungkin anda menemukan strategi lain yang juga berguna meredam kecemasan? Silahkan berbagi, karena hal tersebut bisa membantu orang lain yang mengalami hal serupa. Kita bisa mengalahkan stres dan kecemasan secara bersama sama. Dan itu lebih baik.