Indonesia tidak hanya Jawa saja, apalagi jika sudah bicara keindahan alamnya. Banyak tempat-tempat menarik yang siap kita lirik sebagai destinasi wisata yang unik. Kalau kamu tidak bosan ketika berwisata di spot-spot wisata Pulau Jawa, kamu boleh kok pergi ke luar Jawa. Menikmati suguhan alam diberbagai pulau di Indonesia sembari mensyukuri menjadi bangsa Indonesia.

Mungkin di artikel ini nanti tidak bisa menjelaskan semua spot wisata menarik yang ada di Indonesia, tapi paling tidak rekomendasi-rekomendasi kami ini tetap bisa membuatmu untuk terus mencari tahu potensi alam di seluruh penjuru.

Jelajah Borneo

Pulau Kalimantan menyuguhkan beranekaragam potensi alam yang luar biasa. Ketika kamu memiliki Borneo sebagai destinasi wisata kamu di Pulau Kalimantan, maka itu pilihan yang tepat. Karena di sini kamu akan melihat kayanya Indonesia dari yang disuguhkan di pulau ini.

Ada Taman Nasional Tanjung Puting yang terkenal itu. Di sinilah tempat rehabilitasi orang utan pertama yang ada di Indonesia. Luasnya hampir sama dengan pulau Bali. Tentu ini tempat yang menarik untuk dikunjungi, mengingat sekarang populasi orang utan juga mulai terancam. Kamu bisa pergi ke sini untuk melihat bagaimana orangutan dirawat dan diperhatikan perkembangannya. Ini akan membuatmu semakin jatuh cinta dengan Indonesia.

Danau Labuan Cermin. Mungkin kamu pernah melihat foto di Instagram atau media sosial lain yang mana ada perahu yang terlihat melayang di air. Nah, di Borneo ini ada danau yang sangat jernih airnya, wajar dinamakan Danau Labuan Cermin. Air yang ada di danau ini terbentuk dari gabungan air laut dan tawar yang muncul dari bebatuan yang ada di bawah.

Kepulauan Derawan. Ini yang tak kalah hits dari tempat wisata lain. Kamu bisa snorkeling di kawasan ini untuk melihat 460 jenis karang ada di kepulauan ini. Selain itu kawasan ini juga masih menyimpan banyak sekali jenis ikan.

Dan masih banyak lagi spot-spot wisata yang ada di Borneo. Kamu bisa kepoin juga melalui buku “MENJELAJAH ALAM BORNEO (KISAH PERTUALANGAN TERBAIK ABAD KE-19)

Tanah Minahasa

Kamu juga bergeser sedikit ke pulau sebelahnyan, Sulawesi. Di pulau ini juga tak kalah kayanya tempat-tempat wisata yang membuat kamu terenga-enga. Meski luas dan banyak destinasinya, kamu bisa mencoba untuk menapakkan kaki ke tanah Minahasa.

Di sini kamu bisa menikmati berbagai wisata menarik seperti Taman Laut Bunaken yang terkenal itu. Kalau tidak tahu, kamu sungguh terlalu. Pasalnya taman laut ini sudah diakui dunia, UNESCO pun mengakui keindahannya. Terumbu karang yang masih terjaga dan ikan-ikannya tersebar di sini. Sangat cocok untuk kamu yang hobi diving dan snorkeling.

Waruga Sawangan juga bisa kamu sambangi. Tempat ini merupakan peninggalan sejarah suku Minahasa. Di tempat ini ada sejarah mengenai cara pemakaman suku Minahasa pada jaman dulu. Yaitu dimakamkan dengan cara dikubur di dalam sebuah batu.

Pantai Lihaga juga bisa kamu kunjungi ketika kamu ingin bersantai menikmati pasir putih yang landai. Pantai ini cukup terawat dan bersih.

Minahasa masih punya sejagat tempat-tempat wisata. Terlalu banyak jika dituangkan di sini. Namun kamu bisa membacanya di buku “Minahasa Wonderland” yang berisi ulasan wisata-wisata di Minahasa.

Indonesia memang kaya, kalau kamu belum sempat berwisata di tempat-tempat eksotis di Indonesia, kamu tetap bisa melihat kekayaan Indonesia melalui buku-buku pariwisata. Di BukuPedia.com banyak tersedia untuk kamu.