Sekarang ini membeli barang yang diinginkan tidak harus datang ke toko atau pergi ke tempat penjualnya. Cukup membuka laptop atau ponsel, dan mengetik alamat toko onlinenya sudah dapat membeli barang secara online dengan mudah dan cepat. Namun, Anda harap waspada jika ingin membeli barang online, karena sekarang pun juga rawan penipuan.

Biasanya modus penipuan akan menawarkan produk yang harganya di bawah pasar dan masih akan diberikan gratis ongkos kirim. Bagi pembeli yang awam tentu akan sangat mudah tergiur, dengan penawaran harga seperti itu. Nah supaya tidak tertipu saat membeli barang secara online, sebaiknya Anda memperhatikan ini sebelum membeli.

1. Kredibilitas Toko

Anda lihat dulu toko ini terpercaya atau tidak. Karena sekarang membuat toko online sangat mudah dan siapapun bisa, maka Anda harus cermat. Anda bisa melihat informasi toko online itu di halaman profil, biasanya akan muncul informasi perusahaan atau penjual.

Kemudian lihat di halaman kontak, kalau toko online yang bagus biasanya akan memperlihatkan informasi alamat toko offlinenya, namun jika tidak punya toko offline, bisa dilihat dari informasi alamat penjualnya.

Atau Anda juga bisa melihat apakah ada banner dari idEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia). Biasanya kalau ada maka akan muncul informasi keanggotannya. Contohnya saja Anda bisa melihat toko buku online Bukupedia.com, di bawah ada banner member idEA.

idEA

2. Orisinalitas Foto Produk

Ketika membeli produk secara online sudah pasti yang bisa Anda lihat hanya foto produknya. Anda tidak bisa melihat produknya secara langsung. Maka dari itu Anda perlu memperhatikan foto produk dengan cermat. Pastikan bahwa foto produk tersebut benar-benar asli sesuai dengan produk yang dijual penjual.

Karena banyak modus penipuan yang foto produk hanya mengandalkan foto saduran saja.

3. Komunikas Hanya Melalui Instant Messaging

Biasanya modus penipuan jualan online hanya menggunakan IM sebagai media komunikasinya, kalau tidak WhatsApp, Line atau BBM. Alasannya agar identitasnya bisa disamarkan.

Apalagi penjual terlalu menyuruh pembeli untuk segera beli atau transfer.

4. Sangat Mudah Dikasih Diskon

Membeli barang secara online untuk beberapa jenis produk memang bisa menawarkan, tetapi kalaupun bisa turunnya juga tidak terlalu besar. Dan itu kadang perlu tawar menawar yang cukup alot. Tetapi biasanya penipuan online ketika diminta diskon atau ditawar lebih murah, mereka akan menyanggupi dan langsung menyuruh transfer pembayarannya.

Nah kalau seperti ini perlu Anda waspada. Bisa saja itu modus penipuan.