Saat anda tengah menikmati konten digital seperti musik atau video favorit pada perangkat anda, anda akan dihadapkan pada pilihan untuk menikmatinya: streaming atau mendownloadnya. Mungkin sebagian tidak menganggap ini penting, tapi pilihan yang anda buat akan berdampak pada biaya penggunaan paket data,  ukuran penyimpanan file pada perangkat anda dan tujuan atau kapan anda menggunakan konten penting tersebut.

Untuk membantu Anda membuat keputusan tentang itu semua, berikut adalah fakta yang mungkin anda bisa pertimbangkan antara streaming atau mendownload:

gambar 1 download

Download dan streaming memiliki fungsionalitas yang sama

Pada dasarnya, streaming dan download sama-sama mengunduh file ke perangkat Anda. Perbedaan utamanya adalah bahwa file yang akan nikmati pada saat streaming tidak akan tersimpan pada perangkat anda, beda halnya dengan file yang sudah anda download. Jadi jika anda  mengakses video atau musik melalui streaming, secara tidak langsung anda akan mengunduh file juga namun itu tidak berpengaruh pada penyimpanan perangkat anda, tapi penggunaan paket data anda. Hal ini dikarenakan mengakses konten streaming secara terus menerus membuat paket data yang anda gunakan terkuras dan tentu ini akan membuat tagihan internet bulanan anda membengkak. Jika anda bandingkan dengan mendownload, file hasil download bisa anda nikmati tanpa penggunaan data, jadi bisa dibilang anda bisa menikmati music atau video hasil download kapanpun dan dimanapun selama file tersebut ada di perangkat Anda dan penyimpanan perangkat anda tidak penuh. File hasil download juga anda bisa pindahkan atau salin ke perangkat lain, lebih efisien memang kedengarannya. Namun pastikan anda punya ukuran penyimpanan file yang cukup besar untuk menampung konten yang sudah anda download tadi.

download vs streaming

Besaran penggunaan data (biasanya) sama

Hal lain yang perlu anda pahami adalah ukuran sebuah file yang anda nikmati itu sama terlepas dari apakah anda streaming atau mendownload konten tersebut. Misalkan, jika anda menonton Youtube dan mendownload video tersebut ke perangkat anda maka besaran  penggunaan data yang anda gunakan adalah sama. Kecuali jika anda memilih streaming sebuah video dengan resolusi 480p tapi men-downloadnya di resolusi 720p maka data yang terbuang lebih banyak adalah pada saat kita mendownloadnya dikarenakan ukuran berkas yang kita unduh jauh lebih besar.

Selain itu layanan streaming seperti Netflix atau Spotify menambahkan fitur dengan kemampuan untuk menyesuaikan pengaturan penggunaan data user, yang memungkinkan Anda memilih opsi dengan resolusi atau detail yang lebih rendah untuk menghemat data.

efesiensi downloading

Mempertimbangkan kedua cara tersebut dari efesiensinya

Banyak plus dan minus antar kedua cara ini,  lalu mana yang akan Anda pilih? Anda perlu memperhatikan bagaimana anda menggunakan file tersebut. Seperti misalnya lagu favorit anda, mendownloadnya dalam format mp3 ke perangkat anda saya rasa itu adalah pilihan yang baik. Dengan mendownload lagu tersebut, anda bisa menikmati lagi tersebut kapan saja, tanpa batas,  sekalipun tanpa sambungan internet. Mungkin hal ini cocok bagi anda yang tinggal di daerah dengan jaringan selular yang lemah. Namun sebaliknya, jika Anda tinggal diperkotaan melakukan streaming music atau video adalah hal yang biasa. Jika tempat anda didukung dengan akses jaringan dengan kecepatan penuh dan stabil, streaming cocok bagi anda yang tidak ingin penyimpanan di perangkat anda cepat penuh terisi oleh bebagai file. Perlu diingat, mendownload mengambil file secara keseluruhan sebelum anda menikmati file itu, sementara streaming memungkinkan anda memainkan file tersebut tanpa harus memuat seluruh file itu diperangkat anda.

Jika anda menggunakan perangkat dengan paket data yang terbatas dan penyimpanan di perangkat anda  yang tidak banyak dua hal ini akan menjadi pertimbangan penting. Saran saya, anda harus menghitung ukuran file  dan mempertimbangkan bagaimana anda berniat menggunakan file tersebut. Pilihan yang amat sulit menentukan membuang paket data atau membuang ruang penyimpanan, namun pada akhirnya pilihlah berdasarkan yang terbaik untuk anda