Tentu kamu tidak ingin menjadi orang yang pelupa. Karena memiliki daya ingat yang rendah itu tidak asyik. Selain bakal mengecewakan banyak orang, juga tidak bisa berbagi informasi yang menarik dengan orang lain. Misalnya ketika sedang nongkrong dengan teman-teman membahas pengalaman masa lalu. Orang yang pelupa tentu tidak punya bahan pembicaraan yang asyik. Karena sudah lupa momen-momen terdahulu. Sehingga orang seperti ini hanya akan menjadi pendengar yang baik.

Oleh sebab itu, jangan sampai menjadi orang yang mudah lupa. Kalau memang saat ini kamu orangnya pelupa, tenang saja, jangan khawatir. Kamu masih bisa kok merubah kebiasaan kamu itu.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat kamu. Berikut beberapa diantaranya :

Menjaga Kualitas Tidur

Kalau kamu tidak punya tidur yang berkualitas, sering begadang, kurang jam tidur, lama-lama itu akan membuat daya ingat yang menurut. Karena kurang tidur itu pengaruhnya bukan pada mata yang susak melek, tetapi juga fungsi otak yang mengalami penurunan.

Tidur bukan semata-mata untuk mengatasi rasa kantuk saja, tetapi juga untuk mengistirahatkan organ-organ vital tubuh agar nantinya bisa bekerja secara optimal lagi. Sebaiknya coba untuk memperbaiki kualitas tidur.

Olahraga rutin

Berolahraga tidak hanya baik untuk fisik, tetapi juga untuk psikologis. Luangkan waktu maksimal 30 menit setiap hari untuk berolahraga, karena itu dapat mengurangi hormon penyebab stress. Ingat, sering stress juga berakibat pada rusaknya sel-sel dan fungsi otak.

Konsumsi Makanan yang Baik untuk Otak

Silahkan imbangi waktu istirahat dan olahraga dengan asupan makanan yang baik untuk otak. Banyak bahan-bahan makan yang memang bagus untuk perkembangan otak. Misalnya saja minyak ikan, itu sangat bagus untuk perkembangan otak. Lalu ada juga coklat hitam yang mana mampu meningkatkan daya ingat.

Perbanyak konsumsi sayuran hijau, buah, dan aneka kacang-kacangan.

Bersosialisasi

Janganlah berdiam diri terus, cobalah untuk bersosialisasi dengan orang lain secara langsung (jangan lewat media sosial). Karena dengan bersosialisasi itu akan merangsang perkembangan otak. Karena dalam bersosialisasi kita dituntut untuk berkomunikasi (mendengar & bicara), itu sangat baik untuk tumbuh kembang otak.

Jangan memendam sesuatu

Kalau punya masalah, ya dicari solusinya dengan tenang dan riang. Jangan dipendam dalam hati dan pikiran. Karena itu akan merusak otak dan hati kamu. Ceritakan kepada teman yang bisa kamu percaya untuk membantu mengurai masalah di benak kamu. Dengan begitu masalah yang kamu miliki bisa sedikit demi sedikit terurai.

Intinya jangan buat pikiran menjadi tegang, tetap rileks saja.

Menulislah

Menulis dipercaya dapat meningkatkan daya ingat. Karena dengan menulis otak kita akan terus bekerja. Menulis dapat merangsang otak kita untuk mengeluarkan kata-kata yang baik untuk dirangkai menjadi sebuah kalimat. Dan disitu peran daya ingat untuk mengeluarkan kosa-kosa kata.

Menulis ini juga dapat membuat oksigen bisa berjalan ke otak dengan lancar.

Membaca

Selain menulis, membaca juga salah satu ‘vitamin’ yang baik untuk otak. Dengan membaca maka akan ada hal baru yang masuk ke otak dan disimpan sebagai memory. Membacalah hal-hal yang kamu sukai, karena itu akan lebih mudah masuk ke ingatan.

Latihan Permainan

Tidak selamanya permainan dapat merusak otak, justru dengan bermain bisa meningkatkan fungsi otak. Permainan seperti teka-teki silang, bermain catur, atau permainan yang membutuhkan berpikir, itu sangat baik untuk kesehatan otak.

Buku rekomendasi untuk kamu :

Sebenarnya mudah lupa itu adalah dampak dari perubahan gaya hidup yang tidak baik. Sejatinya kalau mau untuk dilatih, otak kita dapat merekam banyak sekali hal dan bisa bertahan bertahun-tahun. Daya ingat kita pun akan semakin kuat.