Yeay, sebentar lagi akan memasuki liburan akhir tahun. Yang mana ini merupakan libur panjang. Tentu sebagian dari kita tidak ingin memanfaatkan liburan ini dengan sia-sia. Bagi yang bekerja di tanah rantau, biasanya memanfaatkan liburan panjang ini untuk pulang ke kampung halaman. Tetapi ada juga yang menggunakannya untuk liburan.

Nah soal liburan akhir tahun ini memang harus dipersiapkan sejak awal. Minimal di bulan Oktober – November sudah mempersiapkan mau liburan ke mana dan berapa lama. Soalnya libur panjang nanti tentu akan banyak sekali orang yang akan liburan. Jadi kadang ada hal-hal teknis yang tidak bisa dilakukan mendadak.

Kali ini BukuPedia ingin berbagi informasi kepada kamu yang ingin menggunakan waktu libur akhir tahun nanti untuk liburan. Entah mau liburan sendiri atau bersama orang lain. Yang jelas, dengan dipersiapkan sejak sekarang akan membuat liburanmu lebih menyenangkan.

Baiklah, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan.

#1 Tentukan Waktu dan Tempatnya

Sebaiknya mulai sekarang kamu menentukan waktunya dan mau berlibur ke mana. Masalah waktu ini apakah mau di awal hari liburnya atau menjelang hari libur habis. Selain itu juga mau berapa hari liburannya. Waktu dan tempat ini sangat menentukan hal-hal lain seperti budget dan tentunya lokasi wisata yang ingin kamu tuju nanti.

Jangan sampai salah memilih lokasi liburan yang pada akhirnya pada kerumunan orang. Secara kamu tidak suka berlibur di area yang banyak kerumunan orang. Nah itu perlu riset kecil-kecilan soal tempat liburan.

#2 Atur Budget

Jangan sampai liburan malah bikin tabungan menghilang. Artinya kamu harus pandai mengatur budget liburan. Oke kamu ingin refreshing tetapi lihat juga kondisi finansial kamu. Kalau kamu masih banyak tanggungan biaya lain-lain, mending pikirkan model liburan yang ingin kamu jalankan.

Penting juga memilih liburan dengan sistem paket wisata atau liburan mandiri. Sebenarnya dua-duanya ada plus minusnya. Kalau pun kamu memilih paket wisata itu pun juga bisa lebih murah, asal pandai-pandai saja memilih paket wisata dan apa saja yang didapatkan. Kalau memilih menggunakan paket wisata, enaknya kamu tidak perlu pusing memikirkan akomodasi, karena semuanya sudah diatur oleh agen perjalanan wisata.

Buatlah perbandingan kalau pakai paket wisata habis berapa, kalau liburan mandiri habis berapa. Jangan lupa juga perhatikan aspek kenyamanan. Karena liburan itu yang penting kamu nyaman. Kalau tidak nyaman, liburan jadi sia-sia.

#3 Ajaklah Teman

Kalau kamu ingin solo traveling ya silakan. Tetapi dengan berlibur bersama teman atau keluarga itu akan lebih bahagia. Karena bisa menjalin hubungan lebih intim lagi, dari sisi psikologis juga lebih baik. Nah kalau dari sisi finansial juga bisa lebih ‘murah’. Karena bisa ada yang diajak patungan. Misalnya saja untuk sewa penginapan per malam Rp 250 ribu kalau dua orang maka per orang bisa iuran Rp 125 rb. Lebih murah kan.

Apalagi kalau mau pakai sistem paket wisata, jatuhnya lebih murah lagi.

#4 Siapkan Waktu dan Kesehatan

Meskipun kamu sudah mempersiapkan waktu untuk liburan, tetapi kamu juga harus mempersiapkan waktu selama menuju hari H. Jangan sampai kamu nanti malah jatuh sakit akhirnya malah batal liburan. Atau kalau dipaksa malah tidak bisa menikmati liburan.

Kalau kamu lagi banyak kerjaan, ya segera tuntaskan. Jangan sampai nanti kalau banyak lemburan alhasil malah banyak pikiran yang membebani kamu selama liburan. Jadi masalah waktu menuju liburan ini juga perlu dipersiapkan.

Jadi itu saja beberapa tips dari kami, semoga nanti liburan kamu menyenangkan.