Disaat anda memiliki semua pengalaman, referensi yang bagus dan semua hal yang Anda sangka bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda, namun dalam kenyataannya ada hal lain yang yang menahan langkah Anda. Anda melupakan keterampilan yang sebenarnya sangat penting tidak hanya dalam perjalanan karir anda namun juga hidup Anda yaitu soft skills.

     Soft Skills mencakup kunci kesuksesan yang sangat penting namun sulit untuk diukur. Faktor ini sangat sering muncul dalam deskripsi pekerjaan dan mampu menunjukan bahwa jika Anda memilikinya  maka Anda dapat membuat perbedaan antara pekerjaan Anda dan orang lain. Jika Anda bau memulai karir, hal ini dapat menempatkan Anda pada pekerjaan yang akan Anda sukai, dan lebih berhasil dalam pekerjaan yang sudah Anda miliki.

perbedaan hard skill dan soft skill

Apa perbedaan antara hard skills dan soft skills?

     Hard skills adalah hal-hal yang dapat diukur: Anda memilikinya atau tidak. Gelar master dalam bisnis adalah keterampilan yang sulit. Kemampuan berbahasa Spanyol adalah keterampilan yang sulit. Parameternya adalah : Anda bisa atau tidak bisa. Banyak kualifikasi khusus untuk pekerjaan adalah mengutamakan hard skills, seperti pengalaman kerja atau kemahiran kerja dengan program komputer tertentu.

     Disisi lain, soft skills lebih sulit didefinisikan dan diukur. Mereka tidak bisa diukur. Contohnya, Anda tidak akan mendapatkan sertifikat untuk menguasai fleksibilitas di tempat kerja (tapi mungkin Anda harus melakukannya bukan?).  Ini adalah jenis keterampilan yang penting, namun sulit untuk menentukan kapan Anda memilikinya atau tidak.  Soft skills dapat Anda kerjakan seumur hidup, dan Anda menggunakan intensitas yang berbeda dan dengan cara yang berbeda dari hari ke hari. Soft skills juga agak seperti ciri kepribadian karena mereka adalah sesuatu yang Anda bawa ke pekerjaan atau pengalaman hidup yang Anda miliki.

macam macam softskill

Apa soft skills paling umum ?

Soft skill mencakup berbagai karakteristik, namun beberapa yang paling umum  dan paling penting untuk kesuksesan Anda adalah jika Anda menjadi:

  • pendengar yang baik
  • pemecah masalah
  • Mudah beradaptasi dengan situasi baru
  • Komunikator yang baik
  • Mudah bekerjasama dengan tim

Hal ni juga akan membantu Anda jika Anda bisa:

  • Mampu menerima masukan dan kritik
  • Dapat menyelesaikan konflik dengan orang lain
  • Berurusan dengan orang yang keras kepala dan melunakkannya
  • Delegasikan wewenang bila dibutuhkan
  • Menjadi fleksibel

Hubungan antara sifat kepribadian dan soft skills

hubungan sifat kepribadian

     Sifat kepribadian bisa dianggap sebagai soft skill yang vital bagi kehidupan kerja yang baik juga dalam kehidupan Anda adalah jika Anda  memiliki mindset yang berkembang. Mindset yang baik adalah orang dengan pola pikir bertumbuh, suka mempelajari hal baru, sangat antusias akan perubahan dan tertarik pada perbaikan diri. Mereka cenderung tidak menyalahkan orang lain atas masalah mereka dan bisa menjadi anggota tim hebat sekaligus pemimpin yang mengayomi.

Ciri kepribadian lainnya yang mungkin dianggap soft skill adalah seperti bersikap ramah, rasa penasaran yang tinggi, sadar diri, percaya diri, ulet dan sabar. Memiliki sikap go-with-the-flow yang membantu Anda mengatasi stres yang melanda Anda akibat lingkungan kerja dan kehidupan.

Mengapa soft skills penting?

    Soft skills adalah sesuatu yang mendorong orang tertentu untuk sukses. Mereka membuat perbedaan antara seseorang yang hanya bekerja dengan baik dan seseorang yang hebat, orang yang selalu Anda inginkan di tim Anda dan hidup Anda. Mereka adalah perbedaan antara kenalan yang menyenangkan dan sahabat terbaik  untuk Anda. Secara umum, soft skill adalah apa yang membuat Anda lebih disukai juga membuat Anda tampak lebih kompeten dan lebih terampil dibandingkan dengan orang lain dengan kemampuan yang setara. Misalnya, jika Anda seorang terapis, sangat penting bagi Anda untuk menjadi pendengar yang baik. Jika Anda anggota tim dan pemecah masalah sangat penting bagi Anda menjadi fleksibel saat menghadapi tenggat waktu.

     Kenyataannya banyak dari kita harus berurusan dengan orang-orang yang mudah tertekan, dan orang yang melakukannya dengan senyuman akan mendapatkan sambutan hangat dan memperbanyak relasi. Jika Anda bisa mendapatkan klien tapi tidak mempertahankannya dalam jangka panjang, mungkin karena Anda kurang memiliki soft skill yang mendukung.

Bagaimana anda mengembangkan soft skill?

mengembangkan soft skill

     Soft skill adalah satu hal yang membedakan Anda satu sama lain dalam resume atau dalam wawancara kerja, namun jika beberapa soft skills tidak anda punya secara alami kepada Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Misalnya, berlatih lebih sabar atau menjadi pendengar yang lebih baik, tapi bukan berarti itu mudah.

      Anda dapat berfokus untuk meningkatkan hal itu dengan cara, membaca buku yang berhubungan  tentang cara untuk lebih percaya diri  seperti buku ini dan mengaplikasikannya pada diri sendiri. Anda juga bisa mengikuti kelas yang mengajarkan  tentang hal-hal seperti resolusi konflik atau menjadi manajer yang lebih baik. Setelah itu Anda bisa menggunakan keterampilan ini di tempat kerja dan di rumah Anda. Saat Anda melamar suatu pekerjaan yang Anda impikan, Anda bisa menulsi soft skill Anda pada resume atau surat lamaran yang Anda buat. Saat wawancara kerja Anda harus berbicara tentang Soft skills Anda, bukan hanya hard skills yang Anda kuasai.  Bicarakan tentang cara Anda menggunakan soft skill Anda di tempat kerja sebelumnya  dengan cara yang sama seperti bagaimana Anda mungkin membutuhkannya di masa depan. Misalnya, mengatakan bahwa Anda secara konsisten memenuhi tenggat waktu menunjukkan fleksibilitas dan keandalan. hal yang lebih spesifik misalnya tentang pengalaman manajerial Anda mungkin menunjukkan kemampuan Anda untuk mendelegasikan, berkomunikasi, dan menjadi bagian dari sebuah tim.

      Memahami dan mengembangkan soft skill Anda adalah proses yang berkelanjutan, tapi seperti belajar bahasa pemrograman atau mengikuti kursus pendidikan lanjutan, memang merepotkan, namun hal tersebut bisa membuat Anda menjadi lebih mudah dalam menjalani karir dan hidup Anda.