Judul Buku : Kebangkitan Merah
Penulis : Pierce Brown
ISBN : 9786020332222
Penerbit : Gramedia
Bahasa : Indonesia (terjemahan)

SINOPSIS
Patahkan belenggunya. Hiduplah untuk tujuan yang lebih berarti.

Bumi sudah sekarat. Darrow seorang Merah, penambang di bawah permukaan Mars. Misinya adalah mengumpulkan elemen-elemen berharga yang kelak akan dimanfaatkan untuk menjinakkan permukaan Mars dan memungkinkan manusia hidup di sana. Kaum Merah adalah harapan terakhir umat manusia.

Itulah yang mereka yakini, sampai Darrow menyadari semua itu kebohongan besar. Mars sudah layak huni—dan sudah dihuni—selama ratusan tahun, oleh orang-orang yang menyebut diri mereka kaum Emas. Mereka adalah golongan yang menganggap Darrow dan kaumnya hanyalah budak remeh yang bisa dieksploitasi dan disingkirkan tanpa ragu.

Dibantu kelompok pemberontak misterius, Darrow menyamar sebagai Emas dan menyusup ke sekolah komando kaum Emas, dengan tujuan menghancurkan musuh dari dalam. Tetapi sekolah komando itu adalah medan perang—dan Darrow bukan satu-satunya orang yang memiliki rencana tersembunyi.

RESENSI
Buku ini adalah debut dari Pierce Brown dan mengambil genre fiksi ilmiah. Terbit dalam bahasa aslinya dengan judul Red Rising sudah cukup lama, pada 2014 namun baru diterjemahkan ke bahasa Indonesia pada 2017. Untungnya buku kedua dan ketiga diterjemahkan dengan cepat menyusul buku pertama.

Saya telah membaca versi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dan menurut saya terjemahannya cukup bagus dan sangat bisa dinikmati. Walaupun ada beberapa terjemahan yang kurang pas, namun masih bisa diterima. Sebaliknya, beberapa istilah yang terasa rumit saat membaca versi bahasa Inggris-nya jadi terasa mudah karena ada catatan kaki dari penerjemah. Untuk buku fiksi ilmiah, catatan kaki penting sekali untuk saya.

Buku ini termasuk high fantasi dengan muatan politik, strategi perang, aksi dan pembunuhan secara sadis. Ya, buku ini sangat tidak disarankan untuk anak dibawah umur. Para penggemar Game of Thrones dan Hunger Games series tentunya akan menikmati mengikuti petualangan Darrow au Andromedus ini.

Sungguh pengalaman membaca yang sangat penuh kejutan. Pembaca dibawa mengenal Darrow, seorang Merah, seorang budak yang hidupnya sederhana dengan pemikiran sederhana pula hingga menjadi Darrow, seorang Emas yang berjuang untuk mendapat posisi di antara para Emas lainnya. Bukan hanya tubuhnya yang harus diuji. Pikiran dan hatinya juga.

Jangan lewatkan untuk membaca kisahnya jika kalian sudah cukup umur dan siap mental. Buku ini highly recommended!