Born From A Wish: Tentang Kehilangan, Memaafkan, dan Melepaskan.

Image result for born from a wish buku

Judul: Born From A Wish

Penulis: Mertha Sanjaya

Halaman: 264

Penerbit: Elex Media Komputindo

ISBN: 9786020448008

 

Born From A Wish adalah buku bertema Young Adult Realistic Novel, yaitu novel dewasa muda yang mengambil tema realistis. Born From A Wish mengambil tema keluarga. Dikisahkan Timothy, yang hidup berdua dengan ibunya, tiba-tiba harus kehilangan ibunya sendiri. Tim–begitu ia biasa disapa, tidak tahu ke mana ibunya pergi karena ibunya tidak meninggalkan jejak apapun untuknya.

Saat Tim sedang dalam puncak kebingungannya, munculah sosok yang sangat dibencinya, ayah kandungnya. Ayahnya meninggalkan Tim dan Ibunya untuk menikah dengan perempuan lain bertahun-tahun lalu, oleh karena itulah, Tim membencinya. Sayangnya, hanya ayahnya yang mengetahui, di mana ibu Tim berada.

Di tengah kekacauan ini, Angela  hadir dan mengikuti Tim ke mana-mana, membuat Tim makin pusing dengan kehidupannya yang bukannya semakin membaik, tapi malah semakin runyam dibuat oleh Angela dan ayahnya.

Membaca novel ini, yang pertama terasa adalah penggunaan bahasanya. Bahasa yang digunakan menyerupai bahasa novel terjemahan untuk dewasa muda. Ringan, namun juga penuh makna. Dialog-dialog yang ditampilkan juga penuh dengan istilah yang digunakan pembaca-pembaca muda.

Konfilk yang disajikan sebenarnya berpusat pada satu hal: memaafkan. Dalam novel ini, diperlihatkan bagaimana sosok Tim, yang memiliki dendam pada ayahnya, perlahan-lahan mencoba memaafkan laki-laki itu.  Meski, ketika membaca, kita akan larut dalam emosi Tim yang merasa ayahnya terlalu ikut campur dalam hidupnya, betapapun baik maksudnya.

Born From A Wish juga berbicara mengenai kehilangan. Absennya salah satu orang tua, baik sedari awal seperti ayah Tim, atau secara tiba-tiba seperti ibunya, adalah salah satu tema besar novel ini. Karakter Tim berkembang seiring dengan penerimaanya terhadap kehilangan itu. Kehilangan itu pula yang mendekatkannya pada Angela, karena ia tidak mau kehilangan orang yang ia sayangi lagi.

Pada akhirnya, Born From A Wish mengingatkan kita pada satu hal: bahwa keluarga adalah tempat kembali yang utama, dan keluarga akan mencintai kita tanpa persyaratan apapun.

Rating: 3./5/5 Bintang.

Dapatkan di Bukupedia

 

Foto: Tribun Pontianak