Industri animasi di Indonesia sekarang ini sedang tumbuh. Dan apabila industri ini sudah berkembang pasti akan banyak sekali menyerap SDM di bidang animator yang sangat banyak. Mengingat untuk mengerjakan sebuah proyek animasi itu butuh SDM yang tidak hanya puluhan tapi hingga ratusan. Untuk itu ini adalah peluang yang sangat besar jika kamu ingin mendalami bidang ini.

Belajar animasi sendiri sebenarnya tidak harus melalui sekolah. Banyak para animator yang hanya belajar secara otodidak baik melalui temannya, media internet dan buku-buku animasi.

Nah buat kamu yang juga ingin belajar animasi secara otodidak, berikut ini rekomendasi buku animasi untuk belajar secara otodidak.

Animasi Karakter Dengan Blender & Unity

Blender adalah salah satu software gratis yang bisa digunakan untuk membuat animasi. Nah di dalam buku ini nanti, kamu akan diajari bagaimana membuat animasi dan game menggunakan Blender. Untuk game sendiri sebenarnya menggunakan Unity.

Nantinya hasil dari pembelajaran melalui buku ini bisa diterapkan diberbagai platform seperti PC maupun smartphone.

Yang dibahas di buku meliputi : Pemodelan Karakter Game dengan Blender, Pemberian Warna pada Model Rigging dan Animation, serta Pembuatan game dengan Unity.

Cek ketersediaan buku ini di sini.

Maya 4.0: Unlimited Modeling Animasi

Selain menggunakan Blender, membuat animasi juga bisa menggunakan software Alias Wavefront MAYA 4.0. Buku ini akan membahas bagaimana membuat animasi dari sederhana menggunakan perangkat lunak ini. Bagi yang belum pernah menggunakan software ini tidak perlu khawatir karena di buku ini juga akan diperkenalkan penggunaan MAYA 4.0.

Kemudian ada juga pembahasan mengenai Modeling, Animasi, Rendering, Dynamic dan Ekspresi serta Fur and Cloth.

Dengan buku ini diharapkan outputnya bisa membuat animasi sederhana. Coba cek buku ini di sini.

Panduan Lengkap Menggunakan Blender (Bonus CD)

Nah kalau buku ini lebih fokus membahas penggunaan tool-tool yang ada di software Blender. Jadi buat kamu yang masih sangat awam dengan Blender, bisa membaca buku ini karena panduannya sangat lengkap. Apalagi Blender sendiri adalah software gratis, jadi kamu bisa lebih leluasan belajarnya. Tidak perlu membeli softwarenya.

Kamu nanti akan diajari mengenai dasar-dasar animasi juga melalui software ini. Seperti membuat animasi menggunakan keyframe, path, dan lain-lain. Kemudian ada juga materi soal integrasi objek 3D ke dalam sebuah video.

Buku ini bisa dijadikan panduan kamu jika ingin fokus di software Blender. Coba cek buku ini di sini.

Nah, belajar animasi itu sekarang bisa sangat mudah dan leluasa. Karena kamu bisa menggunakan berbagai media untuk belajar. Asal harus niat dan konsisten. Belajar animasi itu tidak bisa instant, harus ada prosesnya. Selamat belajar ya!