Kalau kamu ada ketertarikan di dunia komputer khususnya bagian hardware, ada baiknya jika ditekuni saja. Karena bisa saja itu nanti akan menjadi pekerjaan mu di masa depan. Atau mungkin kalau saat ini kamu sudah punya cita-cita untuk menjadi teknisi komputer, itu justru hal yang positif.

Sekarang tinggal bagaimana kamu mengasah kemampuan atau ketertarikan yang kamu miliki itu agar dapat merealisasikan mimpi-mimpi itu.

Kali ini saya ingin berbagi tips untuk kamu yang ingin menjadi teknisi komputer.

Tenang saja, menjadi teknisi komputer itu masih menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Apalagi kan sekarang sudah banyak orang memiliki komputer atau laptop, dan pastilah ada yang mengalami trouble, nah keberadaan teknisi komputer ini sangat dicari-cari.

Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan jika ingin menjadi teknisi komputer. Simak ya…

#1 Pelajarilah dasar-dasar komputer

Yang pertama tentu kamu harus mengetahui komputer itu apa dan bagaimana cara kerjanya. Kamu harus mengetahui perangkat-perangkat keras yang ada di dalam CPU dan apa saja fungsi masing-masing. Jadi kamu perlu memahami dulu alur kerjanya kenapa komputer bisa menyala dan lain sebagainya.

Lalu mempelajari setiap hard ware komputer. Misalnya saja motherboard, di komputer itu ada beberapa tipe motherboard, cari tahu perbedaannya, kelebihan dan kekurangannya.

Pokoknya dasar-dasar perangkat keras dan lunak harus kamu ketahui dulu. Untuk tahap ini kamu bisa mempelajari secara teori melalui buku komputer maupun langsung praktek melihat daleman komputernya. Dan memang diusahakan dengan praktek, karena ini ilmu terapan.

#2 Belajarlah merakit komputer

Ini yang juga penting, kalau kamu ingin jadi teknisi komputer, hal dasar setelah mengetahui dasar-dasar perangkat pada komputer adalah memulai untuk merakit komputer. Kalau sudah ada komputer, bongkarlah lalu pasang lagi. Ini akan membuat kamu mengerti bagaimana merakit komputer. Ini ilmu dan keterampilan dasar yang harus dimiliki.

Tujuannya adalah ketika nanti kamu mendapatkan suatu masalahh, maka kamu bisa langsung identifikasi dengan cepat.

#3 Jangan lupakan perangkat lunak

Menjadi teknisi komputer itu tidak sekedar memperbaiki masalah hardware saja. Tetapi masalah-masalah dari software juga sering didapatkan. Jadi kamu harus mempelajari masalah troubleshooting operating system atau memperbaiki perangkat-perangkat lunak termasuk bagaimana ketika komputer terkena virus.

Ini justru masalah-masalah yang kerap muncul di pengguna.

Buku terkait :

#4 Selalu update perkembangan teknologi komputer

Sekarang ini perkembangan teknologi komputer dari waktu ke waktu terus ada pembaharuan. Sebagai teknisi komputer tentu kamu harus selalu update informasi perkembangan ini. Misalnya sekarang muncul prosesor tipe baru, kamu harus tahu itu dan mempelajari bagaimana karakteristik dan spesifikasinya. Sehingga ketika suatu saat mendapatkan komputer tipe baru yang rusak, kamu bisa tahu bagaimana mengatasinya. Jangan malah kaget itu perangkat apa. Kan tidak lucu.

#5 Update harga periperal komputer

Sebenarnya ini bukan keharusan, tetapi jika kamu tahu harga-harga perangkat pada komputer itu akan lebih baik. Ini berguna ketika kamu suatu saat mendapatkan klien yang ingin tanya dulu kisaran biaya perbaikan. Nah jika kamu sudah tahu permasalahannya terutama jika harus ganti hardware, maka kamu bisa memberikan kisaran harganya. Ini juga berguna untuk kamu dalam memberikan biaya perbaikan.

#6 Terus belajar dan mencari masalah

Jika kamu berkecimpung di dunia komputer, mau tidak mau kamu harus terus belajar. Teknologi itu terus berkembang, maka keterampilan dan ilmu wawasan kamu tentang dunia komputer juga harus berkembang. Selain kamu bisa membaca buku-buku soal komputer, kamu juga harus mencari masalah. Maksudnya adalah mencari masalah pada komputer. Cobalah untuk membuat masalah di komputer percobaan, jika perangkat ini diginiin nanti jadinya bagaimana, dan lain sebagainya.

Jadi jangan menunggu masalah, tetapi carilah masalah.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin menjadi teknisi komputer. Tentu tips di atas bukanlah jawaban pasti, kamu bisa kolaborasikan dengan keahlian yang kamu miliki. Intinya kalau mau jadi teknisi itu harus ‘nakal’. Nakal dalam arti suka otak-atik perangkat. Jangan putus asa kalau masalah belum terpecahkan. Selamat berkarya!