Namanya juga manusia, kehilangan barang yang disayanginya itu adalah hal wajar. Tetapi kalau barang yang hilang itu berharga, bagaimana jadinya? Misalnya saja kalau kehilangan ponsel, tentu bukan soal harga ponselnya yang mahal, tetapi data di dalam ponsel itulah yang perlu diselamatkan.

Nah, kehilangan ponsel memang kerap terjadi pada sebagian orang. Entah itu karena faktor lupa menaruhnya atau memang karena faktor eksternal seperti jatuh di sebuah tempat. Lalu kalau sudah hilang bagaimana mencarinya?

Beruntung di era sekarang mayoritas sudah menggunakan ponsel pintar, jadi kalau ponselnya hilang akan mudah dalam mencarinya.

Kali ini yang akan kami informasikan adalah untuk kasus ponsel berbasis Android. Dan dengan catatan ponsel yang hilang tersebut masih dalam keadaan menyala dan jaringan data (internet) menyala.

Tidak perlu khawatir jika ponsel Android mu hilang. Karena kamu bisa mencoba untuk menemukannya sendiri ponsel yang hilang tersebut. Beruntung Google sebagai pengembang Android sudah memfasilitas fitur untuk menemukan ponsel yang hilang. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Buka Google.com

Ya, ketika ponsel kamu hilang atau lupa dimana menaruhnya, kamu tidak perlu sibuk-sibuk membongkar barang-barang di rumah. Kamu cukup bukan Google.com melalui laptop atau perangkat komputer lain, kemudian ketik “find my phone” di kolom pencarian.

Find My Phone

Pastikan kamu sudah login ke akun Google yang sama digunakan di ponsel yang hilang.

Maka hasil pencarian nanti akan menunjukan nama device kamu. Nah di situ ada informasi tombol Ring dan Recover. Kamu bisa klik Ring jika ingin membunyikan ponsel kamu yang hilang. Jadi nanti melalui fitur itu, ponsel kamu akan berdering sendiri dengan volume maksimal. Di sini kamu akan lebih mudah dalam mencarinya.

Kalau sudah ketemu, silakan klik off untuk mematikan deringnya.

Kalau ternyata ponsel belum ketemu juga, kamu bisa klik Recover. Nantinya kamu akan diarahkan ke sebuah halaman yang akan menyuruh kamu untuk mengunci ponsel kamu yang hilang. Kamu bisa memulainya dengan menulis kalimat catatan yang akan muncul di screen ponsel, misalnya “Ponsel ini hilang. Tolong bantu mengembalikannya.” Dan kamu juga bisa mengatur sandi agar ponsel yang hilang tersebut tidak dibuka oleh orang lain.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengisi nomor telepon kamu yang lain atau nomor telepon saudara untuk ditaruh di screen ponsel kamu.

Jadi nanti di screen ponsel kamu yang hilang, akan muncul catatan tersebut, dan tombol Telepon Pemilik.

Berharap orang yang menemukan ponsel kamu adalah orang baik. Sehingga mereka bisa menelpon kamu dan memberitahukan posisinya.

Owh ya, ketika kamu mencarinya melalui Google ini kamu juga bisa melihat posisi ponsel kamu berada. Namun ini akan berhasil jika fitur Location / GPS di ponsel kamu dalam keadaan ON. Jika mati, maka kamu tidak bisa menemukan ponsel kamu berdasarkan lokasinya.

Melalui Android Device Manager

Kalau ingin cepat, kamu juga bisa mengakses langsung laman website berikut : www.google.co.id/android/devicemanager. Nantinya kamu bisa langsung login dengan akun Gmail yang sama dengan yang di ponsel. Setelah login, kamu akan dihadapkan dengan tampilan seperti ini.

Android Device Manager

Akan ada informasi tentang ponsel kamu, seperti nama tipe ponsel, lokasi (jika GPS On), kapasitas baterai, dan koneksi data/wifi yang digunakan.

Di bawahnya ada menu-menu seperti yang dijelaskan di poin pertama, yaitu Ring untuk membunyikan ponsel, Lock untuk mengunci ponsel, dan Erase untuk menghapus seluruh data di ponsel. Hati-hati dengan pilihan terakhir, pastikan memiliki Erase jika Anda memang yakin untuk menghapus seluruh data ponsel karena ada data yang penting yang sifatnya bisa diakses dengan mudah.

Jadi itu yang bisa dilakukan apabila ponsel Android kamu hilang. Kalau ternyata ponselnya tidak aktif di internetnya dan sudah tidak bisa dihubungi lagi, jalan satu-satunya adalah berdoa semoga ada orang baik yang mengembalikan ponsel kamu. 🙂