Buat kamu yang punya hobi dan memang ingin fokus di bidang fotografi, sebaiknya investasi kamera atau lensa?

Ini pertanyaan yang sebenarnya sedikit membingungkan, karena kedua perangkat ini sangat saling mendukung. Dan apalagi baik kamera maupun lensa sama-sama mengalami perkembangan. Tapi jika ditanya ingin investasi kamera atau lensa, sebaiknya kamu pilih ini saja…

Kamera…

Di dalam dunia fotografi, kamera mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Jika dulu kamera awalnya pakai film, sekarang sudah digital. Jika dulu serba manual, secara sudah serba otomatis.

Teknologi dalam karena pun juga berubah. Sekarang pun sudah banyak kamera mirrorless yang beberapa tahun ke depan digadang-gadang bakal menggantikan kamera DSLR.

Melihat perkembangan kamera (body) yang semakin canggih ini, tentu membuat kita berpikir ribuan kali. Kalau investasi dari sisi kamera, apakah nanti tidak rugi?

Itu sebenarnya kembali lagi ke kebutuhan. Ada orang yang memang ingin investasi ke kamera (body) dengan membeli kamera yang terbaru meskipun itu sangat mahal, ya namanya juga investasi. Dengan membeli yang paling baru, diharapkan nanti bisa digunakan untuk berkarya dan hasilnya bisa untuk mengupgrade kamera beberapa tahun lagi.

Masalah lensa gampang, bisa sewa, pinjam atau beli. Karena lensa cukup beli yang sering digunakan saja.

Lensa…

Kamu pasti tahu harga lensa itu bisa lebih mahal dari harga body kamera. Tapi lensa itu punya spesifikasi sendiri-sendiri yang sesuai kebutuhannya. Wajar kadang seorang fotografer memiliki banyak lensa. Karena tiap lensa pun punya fungsi yang berbeda-beda.

Dilihat dari sisi investasinya, apabila kita ingin investasi lensa itupun juga wajar-wajar saja. Mengingat seperti sebelumnya, kalau lensa itu punya karakter berbeda-beda.

Baca juga : Alasan Kamu Harus Memiliki Lensa Fix 50mm

Lagi pula lensa bisa digunakan banyak kamera, asal yang satu merek. Kalau pun bisa merek, kadang ada yang bisa menggunakan converter. Nah ini yang menjadi pilihan bagi yang investasi lensa. Mereka juga berpikir kalau body kamera lebih cepat mengalami perkembangan. Sekarang ada tipe A, besoknya muncul tipe B. Kamera tipe A dan B ini masih bisa menggunakan lensa A.

Jadi, sebenarnya mau investasi body kamera atau lensa itu sama saja. Sebuah ada baiknya ada buruknya. Sekarang tinggal kamu kebutuhannya bagaimana dan kondisi budget juga bagaimana.

Yang terpenting bagi kami adalah investasi kesehatan, kalau tidak sehat, kita tidak bisa memotret. 😀