Wawancara kerja dalam Bahasa Indonesia saja kadang masih banyak yang gugup dan gagal, apalagi kalau wawancaranya pakai Bahasa Inggris. Pernah melakukan?

Ya memang tidak semua perusahaan memperlakukan wawancara dalam Bahasa Inggris, tetapi jika Anda ingin bekerja di perusahaan multi nasional atau mungkin perusahaan startup, biasanya pihak HRD akan menggunakan Bahasa Inggris. Atau kalau perusahaan tersebut ternyata punya HR orang luar negeri, ya pasti pakai Bahasa Inggris.

Pertanyaannya adalah, siapkah Anda untuk wawancara kerja dalam Bahasa Inggris?

Jangan sampai Anda malah pusing, mual dan lemas gara-garan diajak wawancara dalam Bahasa Inggris. 😀 Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda mulai mempersiapkan :

Mempersiapkan Diri

Yang pertama itu tidak perlu dipikirin pusing-pusing. Tenang saja, karena itu sebuah kewajaran. Bahasa hanyalah alat komunikasi, sedangkan tujuan wawancara sejatinya sama saja, ingin melihat diri Anda.

Ketenangan diri ini sangat penting karena dapat membuat Anda menjadi rileks ketika nanti menghadapi wawancara kerja. Kalau dari awal sudah tidak tenang, pada akhirnya malah membuat Anda menjadi grogi dan bingung ingin bicara apa.

Mempersiapkan Materi

Sejatinya wawancara dalam Bahasa Inggris sama seperti wawancara pada umumnya. Pertanyaan wawancara pun juga umumnya saja, misalnya menanyakan mengenai kelebihan dan kekurangan diri, tujuan bekerja di perusahaan itu hingga alasan pihak perusahaan memilih Anda.

Selain mempersiapkan jawaban yang logis, Anda juga perlu mempersiapkan materi lain. Seperti informasi dari perusahaan yang Anda lamar, memahami dan melihat ulang resume dan CV Anda. Karena tak jarang ketika wawancara akan disinggung beberapa hal yang ada di Resume/CV Anda. Kalau Anda tidak lupa apa yang ditulis di CV/Resume, kan ya malah lucu. 😀

Baca juga : Ini Bedanya CV (Curriculum Vitae) dengan Resume

Latihan Bicara Pakai Bahasa Inggris

Dalam memberikan jawaban, jangan sampai terlalu ribet dalam menjawabnya. Anda perlu belajar bagaimana menjawab pertanyaan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar.

Buku terkait : Sukses Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris

Di sini Anda perlu latihan. Jangan sampai apa yang ingin Anda sampaikan itu positif tetapi malah diterima negatif karena Anda salah mengucapkannya dalam Bahasa Inggris.

Wawancara dalam Bahasa Inggris memang butuh kemampuan komunikasi yang baik, karakter diri Anda juga perlu baik agar bisa menjawab pertanyaan dengan attitude yang baik.

Misalnya saja ada pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan diri Anda. Anggap saja Anda punya kekurangan dalam mengambil sebuah keputusan yang lama. Nah, untuk menjawabnya Anda jangan mengatakan kalau Anda sulit dalam mengambil keputusan, tapi coba ubah kata-katanya kalau Anda dalam mengambil keputusan perlu waktu dan analisis terlebih dahulu, agar nanti hasil keputusannya bisa sesuai dan tidak sia-sia.

Buku terkait : Success Through Brilliant Decision, Menjadi Pengambil Keputusan Yang Handal

Orang yang sudah fasih Bahasa Inggris pun kadang tidak mudah ketika menjalani wawancara kerja dalam Bahasa Inggris. Sebenarnya ketika wawancara yang perlu dipersiapkan betul adalah mental dan ketenangan. Banyak pelamar yang gagal karena mereka tidak tenang sehingga jawaban yang diungkapkan pun tidak sesuai yang dipertanyakan.

Semoga wawancara Anda sukses!