Mungkin masih banyak orang yang bingung dengan kata Literasi. Dan dalam artikel ini, kami ingin membahas tentang Literasi. Dan dalam artikel ini juga kami ingin memberitahukan tentang apa itu Literasi, dan jenis-jenis Literasi.

Apa itu Literasi?

Literasi berkaitan dengan bahasa. Untuk mendapatkan literasi kita harus bisa dan mampu membaca, meyimak, berbicara dan menulis. Karena ini adalah hal-hal yang sangat dasar untuk mendapatkan iterasi. Dan pada intinya literasi ini sendiri adalah orang yang belajar.

Jenis-Jenis Literasi

Mungkin jika dilihat di dalam kamus, literasi adalah bebas buta aksara. Dan disini ada 9 jenis literasi. Literasi ini intinya merujuk pada kemampuan untuk membaca dan juga menulis. Jenis-jenis literasi tersebut adalah :

1. Literasi Data

Literasi data ini merupaka literasi atau kemampuan untuk mendapatkan dan bisa mencari informasi dari data-data yang ada, dan juga mampu menganalisis data yang ada ada.

2. Literasi Kesehatan

Literasi di jenis kesehatan ini mungkin sudah sering kita ketahui. Karena literasi jenis ini tentang mencari tahu, mengolah, memahami, dan mendalami informasi tentang layananan-layanan kesehatan, informasi kesehatan,  dan hal yang berkaitan dengan keputusan yang akan diambil dalam bidang kesehatan.

3. Literasi Financial

Literasi financial ini sangat berhubungan dengan keuangan. Dan literasi ini bertujuan untuk membuat keputusan dan penilaian tentang informasi keuangan. Dan juga literasi financial ini agar segala nya lebih rinci dan juga detail.

4. Literasi Digital

Literasi digital ini berkaitan dengan kemampuan dalam bidang digital seperti computer, dan Internet. Literasi dalam bidang ini tidak hanya mampu memahami dan mengolah. Tetapi juga mampu untuk mengevalusi hal-hal yang berkaitan dengan dunia digital agar berfungsi untuk dapat berkomunikasi.

5. Literasi Visual

Literasi Visual ini tidak hanya dengan sebuah kata-kata atau teks saja. Tetapi menggabungkan gambar atau video agar orang lain mudah memahami, menafsirkan dan juga mengartikan maksud dari gambar atau video tersebut.

6. Literasi Kritikal

Literasi kritikal ini kemampuan untuk memahami maksud dari argument seseorang. Dan tujuan literasi kritikal adalah untuk mendorong semua orang berpikir aktif dan kritis dan mampu menganalisa tentang maksud sebenarnya dalam teks tersebut.

7. Literasi Teknologi

Kemampuan seseorang atau kelompok untuk bisa memahmai, mengevaluasi dan lain sebagainya yang berkaitan dengan informasi teknologi.

8. Literasi Statistik

kemampuan untuk memahami statistik. Pemahaman mengenai masyarakat agar masyarakat dapat memahami materi-materi yang dipublikasikan oleh media.

9. Literasi Informasi

Kemampuan seseorang untuk dapat mengetahui informasi itu perlu di evaluasi atau tidak. Dan menginformasikan sesuatu hal ke orang lain agar mudah dimengerti dan juga dipahami.