IPTEK memang sangat berpengaruh untuk semua orang. Dan dalam pendidikan pun, IPTEK sangat bermanfaat dan sangat dipergunakan. Oleh karena itu pengaruh IPTEK dalam pendidikan yaitu sebagai berikut :

1. Mempermudah akses informasi yang ada di seluruh dunia

Dalam pendidikan, guru dan siswa pun sangat memanfaatkan teknologi informasi yang sangat canggih saat ini. guru menggunakan teknologi informasi ini untuk memberikan pengajaran yang terbaik dan paling efektif bagi seluruh siswa nya. Dan siswa memnafaatkan teknologi informasi ini untuk mencari informasi-informasi dan pengetahuan yang belum diketahui oleh siswa sendiri. selain itu, adanya teknologi informasi ini membuat guru dan siswa tidak perlu menjelaskan dengan cara-cara tradisional tetapi dengan menggunakan bahan ajar yang berbasis teknologi.

2. Menggunakan pengajaran dan belajar melalui online

Di zaman dahulu, mungkin jika guru tidak bisa hadir di dalam kelas. Siswa akan senang karena tidak memiliki tugas dan tidak adanya kegiatan belajar mengajar. Hal ini sangat berbeda, dengan adanya IPTEK, siswa dan guru tidak perlu khawatir untuk tidak belajar. Karena saat ini sudah adanya pembelajaran melalui online. Kita sebagai guru bisa memberikan siswa tugas melalui Etmodo, dan lain sebagai nya.

3. Pengiriman tugas dengan via online

Mungkin di zaman dahulu kita sebagai siswa masih harus mengerjakan tugas dan esok hari nya harus dikumpulkan ke guru disekolah. Dan tugas tersebut harus ditulis di buku. Terlebih lagi, jika esok hari nya kita sedang berhalangan hadir, dan mau tidak mau, di pagi hari kita harus menitipkan tugas ke teman kita agar mendapatkan nilai. Tetapi semakin hari semakin canggih. Saat ini siswa tidak perlu lagi menyerahkan secara langsung. Siswa dapat menyerahkan tugas melalui email, gmail, dan lain sebagainya.

4. Metode pengajaran yang modern

Pengajaran saat ini di sekolah tidak hanya memakain buku, papan tulis, spidol, dan lain-lain. saat ini guru bisa memanfaatkan laptop, projector, infocus dan power point. Hal ini membuat siswa leih mengerti dan lebih jelas. Untuk itu, saat ini hampir semua guru menggunakan cara modern seperti saat ini.

5. Adanya kelompok belajar online

Di zaman sekarang, mungkin kita tidak harus selalu pergi ke rumah teman untuk menanyakan tugas-tugas sekolah, berdiskusi dan mengerjakan tugas bersama. Karena saat ini di zaman modern ini, kita dengan memiliki handphone dan akses internet, siswa bisa membuat group atau kelompok belajar secara online. Seperti melalui whatsapp, line, dan banyak lagi.

Faktanya banyak sekali manfaat IPTEK bagi dunia pendidikan ini. dan adanya IPTEK ini semoga para siswa bisa menggunakan nya dengan secara baik dan tidak melakukan hal-hal yang negative.