Menjadi guru itu mudah, cukup kuliah di jurusan pendidikan maka lulus sudah menjadi guru dan bisa mengajar. Tetapi masalah yang ada saat ini adalah banyak guru yang mengajar namun statusnya masih PTT (Pegawai Tidak Tetap). Dan kadang ini berlangsung bertahun-tahun. Bahkan sekarang pun masih ada guru PTT sejak peluhan tahun yang lalu dan sekarang statusnya belum diangkat menjadi pegawai tetap atau PNS.

Sebenarnya tidak masalah menjadi guru PTT, asal bisa mendapatkan kelas untuk mengajar itu sudah bersyukur. Namun kadang beberapa guru mengeluhkan dalam hal penghasilan. Di mana penghasilan yang didapatkannya sangat di bawah standard. Sehingga ini yang menjadi dilema.

Kalau seperti kami sarankan guru PTT untuk lebih aktif lagi, dan bisa membuka usaha jasa les private. Dengan membuka jasa les private ini jauh lebih besar pendapatannya. Apalagi les private untuk anak-anak yang sedang mempersiapkan Ujian Akhir.

Tidak perlu memberikan rate biaya yang besar, asal bisa memiliki banyak murid, itu sudah bisa disyukuri.

Guru PTT bisa membuka usaha jasa les baik di rumahnya atau private. Karena tentu guru PTT waktu luangnya masih banyak, jadi bisa digunakan untuk mengelola jasa les ini.

Sebaiknya disesuaikan dengan bidang keahlian sehingga orang tua yang akan memasukkan anaknya ke tempat les Anda juga akan lebih percaya.

Tak ada yang salah menjadi guru les private, toh itu juga seperti mengajar di sekolah. Bedanya ini dilakukan dengan sendiri. Nah untuk menjadi guru les private, Anda juga bisa bekerja sama dengan beberapa lembaga pendidikan. Selain nanti Anda bisa mengajar di sana, Anda juga akan mendapatkan beberapa kisi-kisi soal yang bisa dibagikan ke murid les private Anda.

Buku rekomendasi :

Sebagai guru les private Anda harus lebih terbuka, agar murid juga bisa mengeluarkan uneg-unegnya ketika proses belajar. Menjadi guru les tidak sekadar memberikan tambahan materi belajar kepada murid, tetapi juga memberikan pendampingan kepada murid untuk bisa lebih fokus belajar dan menyelesaikan masalah-masalah dalam hal pelajaran yang tidak bisa dituntaskan saat jam sekolah.

Apakah Anda tertarik untuk membuka jasa les private?