Punya hobi fotografi? Atau sedang ingin menekuni dan belajar fotografi? Cobalah untuk mengambil lokasi pasar tradisional untuk tempat belajar fotografi kamu. Karena di tempat selain menyenangkan juga akan banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan.

Pasar sendiri adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Di tempat ini banyak orang berlalu lalang dengan segala bentuk ekspresi dan tindakan. Ada yang sedang mencoba menawarkan barang dagangan, ada pula yang mencoba merayu untuk menawar harga.

Selain itu kamu juga bakal melihat orang yang memasok barang-barang ke pasar. Dan masih banyak sekali kegiatan yang ada di pasar ini. Nah ini yang menjadikan mengapa pasar adalah tempat yang pas buat belajar fotografi. Tidak hanya itu, kamu di sini juga akan mendapatkan berbagai ilmu.

Belajar mengambil moment

Jika bicara fotografi berarti bicara moment. Fotografi yang bagus adalah yang mampu menangkap moment yang menarik dan memberikan cerita dibalik hasil foto tersebut. Nah karena pergerakan orang di pasar ini tidak dapat diprediksi dan terbilang cepat, ini yang bisa membuat kita bisa lebih belajar tentang moment pengambilan gambar.

Kita ditantang untuk lebih peka dan responsif dengan keadaan sekitar. Tidak hanya peka, tetapi juga melihat apakah moment ini layak difoto atau tidak. Dan keputusan ini perlu dilakukan dengan cepat sebelum moment hilang dan tidak kembali lagi.

Baca juga : Alasan Kamu Harus Memiliki Lensa Fix 50mm

Belajar komposisi

Karena pergerakan yang cepat dan kita tidak bisa mengatur pergerakan orang-orang di pasar, maka kita sendiri yang harus aktif dalam menentukan komposisi foto yang pas. Nah, dalam belajar fotografi, komposisi ini sangat penting untuk menciptakan keseimpangan foto yang tidak sekadar menarik tetapi juga punya cerita.

Dituntut cermat melihat kondisi yang ada di sekitar, apa-apa saja objek yang ada di sekitar subjek, apakah itu akan menambah esensi dalam foto atau justru malah memperburuk.

Belajar beberapa style fotografi

Dalam fotografi itu ada beberapa aliran, seperti HI (Human Interest), Portrait, Street Photgraphy, Food Photography, Fashion Photography, dll. Dan uniknya di dalam pasar itu semua bisa kita coba. Mungkin banyak yang mengira kalau di pasar itu berarti ya melakukan street photography saja, tetapi faktanya tidak. Kita pun bisa melakukan beberapa foto dari berbagai aliran yang ada.

Jadi buat yang suka foto portrait, makanan, fashion, dll bisa belajar bareng di satu tempat ini.

Baca juga : Yang Perlu Dimiliki Saat Melakukan Street Photography

Belajar teknik dasar fotografi

Bagi yang benar-benar pemula dan baru mempelajari teknik dasar fotografi seperti shutter speed, ISO, aperture, dll belajar di pasar adalah tempat yang cocok. Misalnya saja kamu ingin belajar bagaimana menentukan shutter speed, kamu bisa mengambil foto dengan objek yang sedang berjalan cepat. Kalau ingin belajar aperture, bisa mengambil objek dengan efek bokeh, dll.

Belajar Percaya Diri

Banyak yang masih pemula dalam belajar fotografi mereka tidak percaya diri dalam memegang kamera saat di tempat publik. Apalagi kalau ada orang yang tidak sreg di foto, biasanya bakal membuat ciut nyalinya. Kalau sudah tidak PD, alhasil dalam memotret pun tidak maksimal.

Nah dengan belajar di pasar ini kamu bisa mengasah tingkah percaya diri kamu. Biasanya supaya bisa diterima orang (subjek yang ingin difoto), sebelumnya ngobrol-ngobrol dulu tentang apa yang dikerjakan. Tetapi lama-lama ini akan membuat tingkat percaya diri meningkat.

Akan lebih baik jika belajar fotografi di pasar ini dilakukan dengan teman-teman baik yang juga sedang belajar maupun yang sudah expert. Sehingga nantinya bisa saling bertukar pengalaman tentang dunia fotografi.

Di pasar banyak sekali objek yang bisa dijadikan sasaran foto. Kamu tinggal memilih dan menentukan momentnya. Dan percayalah ini tidak mudah diawal, karena memang butuh kesiapan mental dan teknik, khususnya bagi pemula.