Facebook sepertinya akan terus berkerja keras memberikan dampak baik bagi dunia. Seperti baru-baru ini mereka mengumumkan proyek yang diberi nama Open-cellular, kedepannya proyek ini akan memberikan akses internet pada daerah yang sulit dijangkau disetiap sudut bumi. Sebelumnya, Facebook telah meluncurkan Aquila, drone dengan tenaga surya yang memberikan koneksi  internet ke daerah yang sulit mendapat koneksi nirkabel.

aquila facebook

Open-Cellular hanya berukuran layaknya kardus sepatu yang memberikan titik akses seluler, namun bagaimana caranya benda kecil ini memberikan dampak yang sangat besar bagi dunia?

      Open-Cellular adalah sebuah rencana yang sangat rasional yang dapat mendukung seluruh perangkat yang memiliki koneksi dari 2G sampai ke LTE. Dalam tahap awal ini, facebook menegaskan bahwa alat ini sudah duji coba pengoperasiannya di kantor pusat mereka untuk sekedar mengirim pesan SMS, membuat panggilan suara, dan konektivitas data menggunakan jaringan 2G. Mark Zuckerberg, selaku CEO facebook melihat proyek ini sebagai jalan untuk memberikan kesempatan agar seluruh dunia saling terhubung.

Open Cellular 2

Mark sendiri pernah memposting hal ini pada status facebooknya;

“Kami merancang Open-Cellular sebagai Open source project (sistem terbuka) sehingga siapapun, baik perusahaan operator telekomunikasi, peneliti dan mereka yang mengerti bisa membangun dan mengoperasikan jaringan nirkabel di tempat-tempat terpencil.

Berukuran layaknya dus sepatu dan dapat memberikan koneksi hingga 1500 orang dengan radius 10 Km, ini merupakan pilihan yang paling menguntungkan dan akan memberikan dampak yang cukup besar. Seiring waktu berjalan, kami telah meluncurkan drone bertenaga surya yaitu Aquila yang memberikan koneksi internet pada wilayah yang dilaluinya dan Open-Cellular adalah langkah berikutnya dalam perjalanan kita untuk memberikan hal yang lebih baik, memberikan lebih banyak konektivitas, dan bersama menjangkau dunia jauh lebih dekat.

Dengan Open-Cellular, kami ingin mengembangkan teknologi baru yang dapat menjangkau siapapun dan memperluas daya jangkau juga kapasitas. Kami ingin membuat biaya yang lebih hemat bagi setiap operator untuk membangun jaringan di wilayah yang sulit cakupannya dengan metode open-source baik itu hardware dan software. Kami berharap dapat mengurangi biaya yang dikenakan pengguna dan membuat para pengguna baru bergabung bersama.”

software and hardware Open-cellular

      Segala jenis hardware untuk membuat dan menginstalasi perangkat ini telah dijual bebas di situs-situs online US, seperti power-over-ethernet, prosesor, baterai internal maupun eksternal dan lain-lain. Sedangkan softwarenya adalah yang telah kita tahu menggunakan sistem open source yang facebook buat dan facebook berencana merilisnya ke publik pada musim panas tahun ini. Facebook berharap masyarakat dapat mendukung dan membantu memperbaiki jika ada bug-bug yang berdampak cukup mengganggu.

      Hal ini adalah sebuah salah satu kemajuan dalam bidang teknologi, terutama tujuan pembuatan proyek ini adalah untuk menghilangkan batas yang ada pada masyarakat yang tidak bisa merasakan internet secara normal. Namun apakah proyek ini akan masuk indonesia? Karena konsep ini hampir sama dengan OpenBTS yang dikerjakan oleh pakar IT asal indonesia yaitu Onno W Purbo yang masih simpang siur status kelegalannya di indonesia. Semoga saja indonesia bisa merasakan dampak dari proyek ini terutama di daerah tertinggal, seperti saudara kita di indonesia timur.