Harga buku di Jepang memang mahal, tetapi itu tidak menyurutkan orang Jepang untuk membaca. Justru bisa dikatakan budaya membaca orang Jepang sangat tinggi dan layak dicontoh oleh kita di negeri ini yang mana harga buku masih sangat terjangkau.

Bisa dibilang budaya membaca orang Jepang ini merata dari semua kalangan. Harga buku yang mahal tidak menjadikan masalah. Karena bagi masyarakat yang ekonominya rendah, mereka akan berbelanja buku di book off atau toko buku bekas. Di Jepang pun banyak toko seperti ini.

Meskipun buku bekas, tetapi mayoritas masih bagus-bagus. Hal ini disebabkan orang Jepang sangat pandai merawat buku. Mereka tidak sembarangan dalam merawatnya.

Dibalik harga buku yang mahal namun budaya membacanya sangat kental, ini yang kerap dilakukan masyarakat Jepang dalam membaca buku.

1. Mengikuti Tachiyomi

Ini adalah salah satu kegiatan yang ada di Jepang di mana kegiatannya adalah membaca secara gratis. Mereka ke toko buku lalu membaca buku sembari berdiri. Di toko buku tersebut pun sudah banyak buku yang sudah siap dibaca. Tidak seperti di tempat kita buku-buku yang dijual masih banyak yang terbungkus plastik.

Membaca di Toko

Tidak ada rasa rugi dari pihak penjualnya, justru para penjual membiarkan bukunya di baca di tokonya. Karena dengan seperti itu justru akan semakin menarik banyak orang untuk datang dan membeli buku.

Hmm, seperti ini perlu dicontoh di tempat kita.

2. Mengalokasikan waktu untuk membaca di sekolah

Budaya membaca di Jepang ini bisa dikatakan bermula dari lingkungan sekolah. Karena sekolah di Jepang mewajibkan siswanya untuk membaca terlebih dulu sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Waktu membacanya sudah ditentukan selama 10 menit. Dan menurut harian nasional Jepang terbitan Tokyo, Yoshiku Shimbu, budaya seperti ini sudah berjalan selama 30 tahun. Wow

Budaya Membaca orang Jepang

Kegiatan seperti ini sudah diterapkan sejak anak usia dini, jadi sekolah tingkat dasar. Karena akan lebih efektif.

Tidak sekadar memberikan waktu untuk membaca saja, tetapi kegiatan ini juga ada penghargaan dan hukuman yang melakukan atau tidak melakukan. Sehingga ini akan mengubah pola pikir dan budaya dari anak-anak di sana.

3. Kerap membaca di transportasi umum

Budaya Membaca orang Jepang ii

Foto dari https://www.bustle.com

Transportasi umum di Jepang memang sudah sangat terintegrasi dan nyaman untuk digunakan. Dan ini yang juga dimanfaatkan bagi sebagian besar orang Jepang untuk membaca saat berada di transportasi umum. Kalau kamu ke Jepang pasti akan sering mendapati orang Jepang yang membaca di tempat-tempat publik seperti ini. Bukunya pun beragam, tidak harus buku-buku berat, kadang pun juga ada yang membaca komik.

Baca juga : Punya Hobi Baca Komik Bukan Hal yang Buruk, Ini Manfaat yang Bisa Didapatkan

Hal ini dilakukan karena orang Jepang sangat menghargai waktu dan dengan seperti ini dapat mengurangi rasa bosan saat dalam perjalanan.

4. Sebagai media pelarian

Mungkin ada yang bertanya, apakah orang-orang Jepang yang membaca buku itu benar-benar membaca buku dengan serius? Tidak juga. Karena banyak juga yang membaca buku hanya sekadar untuk pelarian. Maksudnya seperti ini, misal di tempat publik, orang Jepang akan lebih suka membawa buku dan membacanya dari pada menyapa orang yang tidak dikenal.

Ya, menyapa orang belum dikenal bagi masyarakat Jepang dianggap kurang beretika. Maka dari itu buku adalah salah satu media untuk pelariannya. Namun ini adalah hal positif, karena tentu akan banyak informasi yang didapatkan.

Selain itu, di Jepang juga banyak toko buku Jepang dan juga perpustakaan. Bahkan di Jepang ada kota yang memiliki lima perpustakaan yang tersebar di beberapa wilayah (kecamatan kalau di sini).

Bisa dikatakan budaya membaca orang Jepang bermula dan berasal dari sekolah. Di sekolah mereka memang ‘dipaksa’ untuk membaca.

Semoga kebiasaan-kebiasaan positif di Jepang dalam hal membaca dapat ditiru oleh masyarakat kita di sini. 🙂 Jangan sungkan untuk membaca di tempat umum. Kalau kamu ingin membaca buku-buku Jepang, kamu bisa membelinya di sini https://www.bukupedia.com/jp/