Tidak jarang bagi beberapa penulis buku khususnya yang masih baru terjun ke dunia penulisan, akan merasa kurang percaya diri ketika harus menuangkan karyanya ke dalam sebuah buku. Atau kadang tidak percaya diri ketika diminta sharing soal dunia literasi.

Ini hal wajar, tetapi sebaiknya rasa tidak percaya diri ini dihilangkan. Karena tentu bakal menghambat penulis buku pemula untuk berkembang. Bahaya jika rasa ini terlalu disimpan. Bisa-bisa niat untuk meneluarkan karya terbuang sia-sia.

Untuk itu perlu bagi penulis buku untuk mau meningkatkan rasa percaya dirinya. Beberapa diantaranya dengan melakukan hal berikut ini.

1. Memperkaya bacaan buku

Kadang rasa tidak percaya diri muncul karena merasa kurang ‘ahli’ dan belum memiliki kemampuan yang diinginkan. Padahal sebenarnya semua itu sudah dimiliki. Hanya pikiran saja yang mengganggu dan berakibat pada munculnya rasa tidak percaya diri.

Artikel terkait :

Cobalah untuk memperkaya bacaan dari buku-buku yang bagus. Ini akan membuat kamu mendapatkan inspirasi dan ilmu-ilmu baru dalam penulisan. Sangat penting bagi penulis buku untuk rajin dalam membaca buku. Karena akan banyak khasanah-khasanah baru yang bisa memperkaya pengetahuannya. Sehingga akan mengurangi rasa tidak percaya dirinya.

2. Terus berlatih menulis

Jangan sampai bosan untuk belajar. Teruslah belajar dan berlatih menulis dengan gaya bahasa yang kamu suka. Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu mempelajari hal-hal lain di bidang literasi. Karena ini akan dapat memperkaya ilmu literasi mu.

3. Sharing dengan orang lain

Jangan belajar sendiri, tetapi berbagilah dengan orang lain juga. Ajak salah satu teman yang memiliki ketertarikan dalam bidang literasi untuk belajar bersama dan berbagi tips seputar dunia penulisan. Berbagi dengan orang lain tidak akan melunturkan ilmu mu, tetapi justru akan menguatkan. Karena kamu nanti juga bakal mendapatkan ilmu-ilmu baru dari orang lain.

Ini juga akan semakin menambah rasa percaya diri kamu ketika sering berbagi pengalaman dengan orang lain. Dari dalam diri kamu akan merasa masih ada orang yang memang butuh belajar. Namun di lain sisi kamu juga bisa menjadi sumber pelajaran dari orang-orang yang masih membutuhkan.

4. Cobalah untuk melakukan riset

Mungkin kamu tidak percaya diri dengan apa yang akan kamu tulis karena data atau informasi yang akan disampaikan kurang kuat. Maka cobalah untuk melakukan riset. Penulis buku tetap membutuhkan riset. Karena dari riset akan menghasilkan sebuah data dan informasi yang nyata. Nah data itulah yang akan membuat kamu merasa lebih percaya diri dalam menuliskan kata demi kata di dalam naskah buku.

Para novelis terkenal pun juga masih terus melakukan riset untuk karya buku mereka. Jadi jangan takut untuk melakukan riset.

5. Bergabung dengan komunitas

Kalau masih kurang percaya diri, gabunglah dengan komunitas literasi atau yang berhubungan dengan dunia tulis menulis. Biasanya di dalam komunitas akan ada banyak kegiatan-kegiatan. Nah kegiatan ini yang bakal membuat kamu menjadi pribadi yang lebih percaya diri lagi.

Buku rekomendasi :

Di dalam komunitas kamu juga bisa menjalin networking dengan para penulis atau anggota lain. Sehingga kamu akan banyak channel yang akan membantumu dalam berkarya.

Memang tidak mudah bagi penulis pemula untuk membangun rasa percaya diri. Jalan yang paling adalah terus berkarya dan membuat karya. Apapun hasilnya, itu akan membuat kamu menjadi lebih percaya diri lagi daripada hanya belajar teori dan tidak pernah menelurkan karya. ūüôā