Bukan soal pekerjaan, tetapi pegawai menjadi kurang produktif saat di kantor bisa disebabkan oleh suasana kantor yang menjemukan dan membuat bosan. Alhasil kondisi ini yang membuat kinerja pegawai tidak produktif. Gaya hidup di kantor pun menjadi tidak sehat.

Kalau kamu seorang pegawai pasti pernah mengalami melihat kondisi kantor sangat tidak nyaman. Barang-barang berantakan, ruangan sempit, sirkulasi udara tidak bagus, dan masih banyak lagi. Hal-hal seperti ini secara tidak langsung membuat pegawai menjadi tidak produktif.

Ya meskipun sebenarnya pegawai tidak mempermasalahkan karena sudah terlanjur biasa, tetapi ada baiknya jika mulai mengubah suasana kantor menjadi lebih tertata dan ramah pegawai.

Ada beberapa yang bisa dilakukan oleh pegawai untuk membuat kantornya menjadi lebih baik lagi.

#1 Menambahkan tanaman di ruang kerja

Kalau ruang kerja sempit, tidak ada sirkulasi udara yang baik serta pemandangan yang membuat mata nyaman, coba untuk menambahkan tanaman di ruang kerja. Taruh saja tanaman-tanaman hias yang bisa ditaruh di dalam ruangan. Warnanya yang hijau akan membuat pandangan mata menjadi lebih segar. Apalagi keberadaan tanaman tentu bisa membuat kondisi udara menjadi lebih bersih.

Saat ini banyak tanaman yang bisa di taruh di dalam ruangan. Coba untuk menaruhnya di meja kerja atau sudut ruangan jika ukurannya agak besar.

#2 Mengatur pencahayaan

Menggunakan pencahayaan dari sinar matahari dengan sinar lampu tentu akan berbeda rasanya. Akan lebih baik jika kantor khususnya yang digunakan untuk bekerja pegawai memperhatikan kondisi pencahayaan yang natural langsung dari sinar matahari.

Oleh karena itu penggunaan jendela akan sangat baik. Selain pegawai bisa melihat kondisi luar, juga membuat cahaya bisa masuk ke ruangan. Cahaya yang natural ini akan membuat pikiran menjadi lebih segar daripada cahaya yang bersumber dari lampu.

#3 Menempatkan furnitur yang nyaman

Perlengkapan pendukung kantor seperti furnitur juga berpengaruh pada kenyamanan dan produktifitas pegawai. Sebaiknya dalam menaruh furnitur, memilih yang benar-benar nyaman. Nyaman di sini lebih ke faktor ergonomisnya. Misalnya kursi pegawai, maka bisa dipilih kursi yang benar-benar bisa membuat nyaman pegawai dan baik untuk kesehatan pegawai. Jangan sekadar menempat kursi yang hanya bisa untuk duduk. Karena itu malah bikin pegawai menjadi cepat capek.

#4 Gunakan aroma terapi ruangan

Meskipun ruangan sudah menggunakan AC, tetapi itu kadang kurang membuat nyaman pegawai. Akan lebih baik jika dipasangi juga aroma terapi yang bisa membuat suasana dan perasaan pegawai menjadi lebih nyaman. Penggunaan aroma terapi ini dapat mengubah suasana hati. Jadi dalam memilih aroma terapi perlu disesuaikan yang bagus untuk kondisi perkantoran.

Jangan sampai memilih aroma terapi yang malah membuat pegawai merasa kantuk.

#5 Istirahat sejenak

Meskipun sudah ada jam istirahat di siang hari, pegawai sebaiknya diperbolehkan untuk istirahat sejenak. Ya paling tidak 5-8 menit. Apalagi bagi pegawai yang kerjanya di depan komputer. Dengan beristirahat sejenak ini membuat pegawai menjadi lebih berkonsentrasi lagi dan bisa menenangkan pikiran. Sehingga dalam bekerja tidak akan kehilangan fokus.

Banyak pegawai yang salah menganggap jika bekerja tanpa henti berjam-jam pekerjaan akan cepat selesai. Itu belum tentu, malah kadang mengalami kebuntuan.

Jadilah pegawai yang tidak sekadar bekerja tetapi juga memperhatikan kondisi lingkungan sekitar.