Kalau kamu membuka media sosial, pastikan akan sering ditemui parodi-parodi atau orang yang sedang membicarakan film Dilan 1990. Kemunculan Dilan 1990 di film layar lebar ini memang membuat banyak kalangan baik orang tua maupun anak-anak zaman sekarang.

Film Dilan 1990 ini sendiri adaptasi dari novel Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq yang dirilis pada tahun 2015 lalu.

Dengan diangkatnya novel ini ke layar lebar, tentu akan semakin banyak orang yang membicarakannya. Namun apakah kamu tahu mengapa Dilan 1990 ini banyak dibicarakan? Apakah karena pemerannya ganteng dan cantik, atau karena ceritanya kamu banget.

Baca juga : Beberapa Alasan Buku Novel Diangkat ke Film Layar Lebar

Dari banyaknya alasan, beberapa diantaranya disebabkan karena ini.

Ceritanya lintas generasi

Bisa dibilang Dilan 1990 ini mampu menggaet dua generasi yang berbeda, yakni generasi 90’an dan tentunya generasi kekinian. Dari segi latar belakang penokohan dan lokasi, memang diatur sedemikian rupa supaya menyerupai era 90’an. Kalau kamu yang dulu masa mudanya di era 90’an dan sudah menonton filmnya, pasti akan merasa bernostalgia ke masa-masa itu.

Tetapi dari segi cerita, tetap diselipi beberapa cerita yang bisa diterima anak muda zaman sekarang.

Inilah yang membuat Dilan 1990 tidak hanya mendapatkan perhatian dari kalangan orang ‘dulu’, tetapi juga orang ‘sekarang’.

Kisah Romantis

Masyarakat Indonesia itu masih suka dengan film yang ceritanya romantis. Dan Dilan 1990 ini adalah salah satunya. Kisah romantis di era 90’an ditampilkan di film ini. Sehingga wajar banyak orang yang membuat parodi video atau meme tentang Dilan 1990.

Akhirnya semua itu menjadi viral dan banyak diperbincangkan.

Kisah cintanya mengena

Banyak yang bilang kalau kisah cinta Dilan dan Milea ini merepresentasikan kisah cinta anak zaman dulu. Sehingga banyak orang yang dulu gaya pacarannya seperti Dilan kembali teringat dan tersipu bahagia melihat adegan-adegannya.

Banyak kata-kata puitis

Tidak hanya di novelnya, dalam filmnya juga banyak kata-kata puitis yang diucapkan Dilan maupun Milea. Ini yang membuat masyaratkan menjadi sangat menyukainya lantas membagikan ke media sosial miliknya. Akhirnya banyak yang baper dan seakan Dilan 1990 ini menjadi film yang sangat mewakili perasaan banyak orang khususnya anak muda.

Wajar jika film Dilan 1990 yang belum lama rilis sudah mendapatkan jutaan penonton. Ini menandakan bahwa Film Dilan 1990 memang mewakili banyak orang. Dan karena efek viral itu tadi banyak orang yang penasaran untuk menontonnya.

Terlepas dari itu semua, keberadaan novel Dilan inilah yang membuat lebih beragam. Banyak yang mengatakan kalau ceritanya hampir 100% mirip dengan yang di novel. Apakah kamu juga sudah membaca novelnya? Kalau belum, ya baca lah biar komplit.

Kalau mau baca resensinya di sini : [Resensi] Dilan Dia adalah Dilanku Tahun 1990