Demam YouTube memang sedang menjangkiti dari segala lini kalangan. Apalagi munculnya vlog membuat orang biasa pun bisa dengan mudah menjadi terkenal. Selain itu, iming-iming penghasilan yang bisa didapatkan dari YouTube juga menjadi salah satu alasan mengapa orang mulai menekuni dunia video ini.

Tapi tidak semua orang dengan mudah mau melakukannya. Ada yang malu tampil di depan kamera, ada pula yang beralasan tidak punya perangkatnya. Karena banyak yang beranggapan kalau membuat konten video itu harus butuh modal yang besar, untuk beli perangkat kamera maupun perangkat lunak untuk editing.

Padahal tidak selamanya membuat konten video itu harus butuh perlengkapan yang mahal.

Di artikel ini, saya ingin berbagi informasi kepada kamu yang mungkin ingin menjadi vloger atau youtuber tapi belum punya perangkat yang ‘mahal’. Tenang, kali ini yang saya share adalah cara membuat konten video untuk YouTube tanpa modal sepersenpun.

#Persiapan Perangkat

Kamu tidak perlu membeli kamera DSLR yang jutaan rupiah itu. Kalau memang belum ada dana, ya gunakan alat yang dipunya, yaitu kamera dari ponsel. Saya rasa sekarang ini setiap orang termasuk kamu sudah punya ponsel. Ponselnya pun sudah tergolong smartphone.

Nah, dengan memanfaatkan kamera pada smartphone ini kamu bisa membuat video yang kamu kehendaki. Tinggal tentukan konsep videonya lalu rekam pakai kamera ponsel.

Sekarang kamera ponsel rata-rata sudah berkualitas Full HD, jadi sudah sangat cukup untuk membuat konten video di YouTube. Bahkan kalau kamu cermati, sekarang ini masih banyak seleb-seleb Youtube yang menggunakan kamera ponsel untuk membuat konten videonya.

Owh, pernah lihat konten video YouTube yang berjudul “TRIANGLE” yang dibuat oleh Deddy Corbuzier? Video tersebut dibuat hanya menggunakan kamera ponsel. Tapi coba lihat, hasilnya sungguh luar biasa dan tidak kalah dengan video yang dibuat dari kamera DSLR. So, masih mengeluh nggak punya perangkat?

#Software Editing

Masalah satu selesai. Sekarang tinggal memikirkan masalah software editing-nya. Bagi yang agak ‘nakal’ mungkin akan berusaha mencari software bajakan. Tetapi bagi semua orang mungkin itu merupakan tindakan yang bodoh.

Pengennya beli lisensenya, tapi kok malah. Tenang, jangan jadikan itu alasan kedua untuk tidak berkarya. Kamu masih tetapi bisa edit video kok, yaitu dengan software gratisan. Ya, banyak sekali software editing untuk video yang gratis dan benar-benar digratiskan dari pengembangnya.

Untuk kamu yang tidak memiliki komputer, kamu tetap bisa mengedit video melalui smartphone. Dan berikut ini beberapa software yang bisa kamu gunakan.

  • Android OS : FilmoraGo, ActionDirector Video Editor, KineMaster, VivaVideo, PowerDirector, VideoShow, dll
  • iOS : iMovie, Videocraft, Magisto, Slopro, Splice, dll

Itu kalau di smartphone. Kalau kamu punya komputer, ada juga software editing video yang gratis dan bisa diunduh secara cuma-cuma. Misalnya saja : DaVinci Resolve, HitFilm Express, Lightworks, dan Media Composer (Avid).

Software-software tersebut sudah cukup mumpuni untuk digunakan edit video kamu.

#File Pendukung

Untuk memperkaya konten video, tentu harus menggunakan audio atau sound effect. Tenang saja, kamu tidak perlu membayar atau membeli musik yang mahal-mahal supaya tidak melanggar copyright di video YouTube kamu. Karena kamu bisa menggunakan musik gratis yang tersedia dari YouTube langsung yaitu di http://youtube.com/audiolibrary/music, Channel NCS http://youtube.com/NoCopyrightSounds, atau di SoundCloud.com

Semua itu bisa kamu gunakan dengan gratis dan aman tidak melanggar copyright.

Jadi, sekarang tidak ada lagi alasan untuk terkendala dalam membuat video. Sebenarnya kendala utama itu adalah kemauan. Tinggal mau atau tidak menggunakan perangkat yang ada.

Nah, kalau kamu ingin menghasilkan video yang menarik dan cantik hanya dengan perangkat seadanya, kunci utama adalah pada bagian cara pengambilan gambar dan editing. Kamu bisa mempelajari bagaimana mengambil shoot yang menarik dan editing yang cantik. Semua itu bisa kamu pelajari secara otodidak.

Di BukuPedia tersedia buku tentang itu, seperti :

Selamat berkarya dan belajar!