Kebanyakan orang yang cerdas memiliki hobi yang sama, yaitu membaca. Dengan membaca, sesorang menjadi baik secara lisan, fasih dalam pengaturan kata dan lebih berbudaya. Disisi lain mereka juga mempunyai imajinasi yang tinggi dan berwarna. Hal ini pasti berkaitan dengan hobi membaca mereka, maka dari itu penelitian dilakukan untuk mendalami lebih jauh tentang hubungan ini.

     Menulis novel misalnya, proses ini bisa menjadi hal yang sangat rumit, memakan waktu lama bahkan terkadang sang penulis memainkan emosi jiwanya untuk sebuah novel yang baik. Disisi pembaca novel, novel yang baik adalah novel yang membawa si pembaca larut dalam cerita novel tersebut, baik alur cerita, karakter, atau mungkin imajinasi yang dibuat sang pengarang pada novelnya. Saat membaca novel otak anda terus mengolah informasi dari buku yang anda baca, hal itu menimbulkan koneksi ke otak anda yang tidak konsisten dan terus berubah ubah, namun karena hal apa otak anda berubah dan bagaimana ini mempengaruhi sikap anda?

     Berdasarkan study yang dilakukan universitas emory, amerika serikat, membaca novel dapat membuat perubahan ke otak. Untuk penelitian ini, para peneliti meminta 21 mahasiswa untuk membaca sepersembilan bagian dari novel yang berjudul pompeii karya Robert harris selama 9 hari berturut turut yang dilakukan pada pagi hari. Dan pada setiap malam, peneliti melakukan penelitian yang diberi nama FMRI (functional magnetic resonance imaging), pada jam istirahat mahasiswa. Tidak hanya 9 hari tersebut, peneliti juga melakukan studi ini pada 5 hari sebelum membaca novel tersebut dan 5 hari sesudahnya, jadi jika ditotal penelitian ini memakan waktu 19 hari.

artikel-novel-1-kecil

Mengamati peningkatan konektivitas otak

      Menariknya, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa dengan membaca novel menghasilkan peningkatan konektivitas otak. Koneksi ini terus meningkat secara signfikan pada hari hari membaca dan mengikuti cerita dari novel tersebut. Dan terjadi peningkatan aktivitas otak saat pada klimaks atau inti cerita pada novel tersebut. Penelitian selama 5 hari setelah membaca novel menunjukan bahwa sebagian cerita yang terkandung dalam novel tersebut tertanam dalam memori sebagian pembaca dan mereka masih mengingatnya dan sebagian pembaca lagi tidak mengingatnya.

      Penelitian ini menunjukan perubahan jangka pendek ini berasal dan berkaitan dengan bagian kiri otak yang diberi nama gyrus supramarginalis yang berkaitan dengan pengambilan sudut pandang dan pemahaman cerita, juga menunjukkan bahwa membaca cerita dapat memperkuat daerah pengolahan bahasa pada otak. perubahan jangka panjang berkaitan dengan korteks somatosensory adalah bagian otak yang mengolah informasi dari panca indra. Ini yang terjadi ketika otak kita memberikan representasi untuk kata-kata. Contohnya, jika bagaimana ketika anda membaca atau memikirkan kata “berlari” dan otak anda akan membayangkan aktivitas fisik tersebut sama sperti yang anda baca yaitu berlari.

gambar-novel-2-kecil

Lalu apa hubungannya?

Hal ini memang masuk akal. Kebanyakan pembaca novel pasti merasakan sensasi serupa. Saat membaca novel kita pasti membayangkan menjadi salah satu karater dalam cerita tersebut, kita merasa secara fisik bergerak bersama alur cerita. Bahkan setelah membaca novel, lalu kita membaca kata-kata dalam buku bergenre lain, pemikiran di otak kita masih terbawa oleh novel yang sebelumnya kita baca, dan pengolahan kata-kata lebih mudah karena aktifitas otak yang meningkat. Secara tak sadar membuat kita lebih kreatif dan imajinatif. Hal ini mungkin tidak berlaku untuk semua orang, namun ini berlaku dominan.

Pada akhirnya, penelitian ini memang menyarankan kepada anda untuk banyak banyak membaca. Selain lebih cerdas, membaca juga bisa membuat anda lebih kreatif. Jika anda tidak suka membaca, mungkin hasil penelitian ini bisa mendorong anda untuk mulai membaca, setidaknya novel. Novel yang baik dengan segala ceritanya bisa membawa anda ke dalam imajinasi yang berwarna dan itu bisa memperluas imajinasi anda. Membaca novel secara bersamaan dapat menjadi hiburan dan anda mendapatkan ide dari sana. Memperkaya kosakata dan mencari topik untuk pembicaraan yang lebih baik juga bisa. Tidak ada yang lebih baik daripada membaca buku yang bagus dan bermanfaat.

ingin mendapatkan novel tebaru dan sedang hits? klik saja disini: http://www.bukupedia.com/id/main-catalog/id-18/Novel.html