Artikel ini tidak bermaksud membuat hidup anda menjadi lebih sulit atau mendukung sistem kerja paksa, atau pemikir berat hingga kepala botak, bukan! Kami beri contoh disini, disaat anda melakukan hal-hal yang sederhana terkadang anda menginginkan hal tersebut lebih mudah dan cepat selesai bukan? Dan terkadang hasil akhirnya tidak sesuai ekspektasi dan membuat anda tidak puas, marah dan depresi.

Terkadang memang akan sangat akan mudah bagi anda menikmati setiap dari bagian hidup anda yang terukur dan sesuai dengan perancanaan. Namun, ketika asumsi seseorang beranggapan bahwa segala sesuatu harus berjalan dengan tingkat kepercayaan yang berlebihan akan mengganggu aspek kehidupan yang lain seperti hubungan anda dengan pasangan atau pekerjaan anda. Anda akan  merasakan ada sesuatu yang salah dalam bagian hidup anda jika itu tidak semudah yang orang lain jalankan. Menemukan sesuatu yang tidak masuk akal dan membandingkan hidup anda dengan orang lain bisa menjadikan anda cacat karakter.

Hal seperti ini sering membuat orang-orang menyerah lebih cepat, karena mereka pikir; ini tidak mudah, ini sulit, atau alasan-alasan lainnya. contoh nyata adalah seperti karir yang berakhir karena mereka berpikir jobdesk mereka terlalu sulit, hubungan keluarga yang terputus akibat menyerah terhadap apa yang terjadi atau melewatkan kesempatan menantang lainnya yang mungkin anda anggap “Terlalu Sulit”.

Darimana keyakinan anda bahwa hidup ini harus berjalan dengan lancar tanpa gangguan dan konflik?

hidup itu berat

Salah satu alasan mengapa terkadang kita merasa bahwa hidup seharusnya lebih mudah adalah bahwa kita selalu membandingkan diri kita dengan orang lain.  Jika orang lain tampaknya menemukan hal yang mudah, kita asumsikan bahwa kita juga harus melakukannya. Ini seperti kepercayaan saat anda dewasa,  motivasi sering berasal dari pengalaman masa kecil kita. Memiliki masa kanak-kanak yang terbelenggu dan over protektif  menyebabkan kita kurang mengenal kesulitan dan tantangan dalam hidup. Dan dampaknya adalah saat kita mendapatkan kesulitan di masa dewasa, hal itu membuat kita terpukul dan merasa sulit menanganinya. Di sisi lain, memiliki masa kanak-kanak dengan kesulitan emosional akan dapat membuat kita kelelahan dan dapat menciptakan rasa ingin sampai ke garis finish lebih cepat. Pada masa kanak-kanak kita sering dalam keadaan yang sulit dan terus mempercayai harapan bahwa suatu hari nanti ini semua akan menjadi lebih mudah. Saat kita berhadapan dengan penghalang jalan di masa dewasa, ini akan membuat kita mudah tergelincir dan bertanya-tanya “apakah harapan saya masih disana?”  seolah-olah kita sedang memasuki zona kehidupan yang sulit. Tentu saja, hidup tidak semuanya buruk, dan seiring berjalannya waktu dengan kombinasi fokus yang tepat serta kerja keras dan keberuntungan Itu akan mengubah hidup kita sebagai sesuatu yang lebih mudah daripada yang dirasakan di masa lalu. Namun, kalaupun hidup kita tidak membaik …. Tak ada pilihan kita untuk stagnan dan berhenti tumbuh.

Jadi, kami akan menawarkan beberapa gagasan tentang mengapa anda tidak perlu berharap bahwa hidup itu mudah dan yang lebih penting adalah mempertimbangkan konsekuensi jika terus mempercayai ini. Inilah beberapa masalah dari mereka yang terus percaya bahwa hidup seharusnya mudah diciptakan dan dijalankan.

Kebiasaan ini akan menciptakan tekanan pada urusan tertentu dalam hidup anda

Adalah rahasia umum bahwa kita harus mengakui dan menerima kalau dalam hidup terkadang ada urusan yang “lebih” membutuhkan usaha dan konsentrasi lebih. Namun bersamaan dengan itu,kita sering menerapkan standar ganda pada urusan lain. Misalnya, anda mungkin menyadari bahwa usaha dan kerja keras diperlukan untuk sukses dalam karir anda, tetapi disisi lain anda juga merasa bahwa persahabatan akan terjaga secara otomatis selama bertahun-tahun dengan mudah dan tanpa usaha.

karir atau saabat

Keseimbangan terkadang sering memberikan tekanan pada kehidupan anda yang seharusnya mudah dilakukan. Jika anda berfokus untuk bekerja keras dalam karir anda, namun menganggap bahwa memelihara hubungan adalah sesuatu yang mudah sehingga anda cenderung memiliki toleransi yang sangat rendah dalam sebuah hubungan persahabatan yang sebenarnya juga membutuhkan kerja keras, hasilnya adalah anda akan berpikiran bahwa hubungan cenderung membuat anda frustrasi dan merasa lebih sulit. Seiring berjalannya waktu, ambisi anda tentang karir akan menyadarkan anda, bahwa persahabatan juga penting dalam hidup. Namun terkadang semua sudah terlambat. Cobalah untuk menyadari bahwa semua bidang dalam kehidupan anda memerlukan perhatian yang sama agar berkembang dan bisa dipertahankan. Semua urusan harus anda lakukan semaksimal mungkin. Gunakan keterampilan, ketahanan dan ketekunan yang dapat anda terapkan pada urusan tertentu dalam kehidupan anda di seluruh lini

Kata “harus” yang menjadi masalah

Mengatakan pada diri sendiri dengan menggunakan motivasi kata “harus” adalah hal yang akan membuat anda tertekan dengan cepat. Misalnya anda mempercayai untuk menjalankan suatu hubungan atau karir  HARUS dengan cara tertentu yang anda percaya dan anda anggap mudah tanpa memikirkan pilihan lain yang tersedia. Itu  adalah suatu kesalahan dan akan menjadi penghalang bagi saat anda menemukan tantangan besar dalam hubungan ini.

harus yang bermasalah

 Banyak orang yang terjebak dengan pandangan ini, contohya;  Orang yang mungkin tertekan atau frustrasi dengan orang-orang yang telah mengecewakan mereka, karir yang belum berhasil, atau tujuan yang belum terwujud. Ditambah lagi mereka tidak mengambil pelajaran atas kesalahan ini dan diperparah mereka terus yakin bahwa hal-hal tersebut ‘seharusnya’ tidak terjadi seperti itu. Pikiran mereka dipenuhi kata “HARUS”. Orang itu seHARUSnya tidak mengecewakan mereka. Karir yang sukses HARUS datang secara alami. Mereka yang seHARUSnya mencapai tujuan mereka.

Jika anda yakin bahwa hal-hal pada umumnya harus mudah, tidak akan mungkin ada proyek yang sulit di tempat kerja atau hubungan yang menuntut perhatian dan usaha anda, masalahnya adalah kadar ‘harus’ yang anda gunakan di atas. Dengan mengubah pola pikir ‘harus’ tersebut anda dapat mengurangi dampaknya bila ada sesuatu yang lebih menantang daripada yang anda kira seharusnya.

Jika kita terus berfikir bahwa hidup ini mudah, kita akan berhenti “tumbuh”

anda berhenti tumbuh

Ketika kita mencoba untuk menghilangkan tantangan dari hidup kita dan bertujuan untuk menciptakan kehidupan yang mudah, kita secara alami mulai kehilangan fokus pada bidang kehidupan  yang memerlukan perhatian yang spesifik. Sebagian besar aspek kehidupan pada umumnya membutuhkan usaha terus-menerus untuk tumbuh dan dipertahankan. Jika kita bertujuan untuk kemudahan karena untuk menghindari tantangan anda tidak akan mendapatkan kemajuan, dan lama kelamaan anda tidak dapat mempertahankan apa yang anda miliki. Pemeliharaan itu sangat penting di semua bidang kehidupan, mulai dari karier hingga stabilitas keuangan. Jika anda memiliki keinginan untuk hidup yang mudah maka akan berakhir dalam kesulitan karena anda berisiko kehilangan apa yang anda miliki saat ini.

Pernahkah anda dengar bahwa tidak ada yang tumbuh di dalam zona nyaman? Dan kutipan motivasi tersebut benar adanya. Keyakinan bahwa hidup mudah akan sekejap patah dalam menghadapi rintangan yang perlu diatasi jika anda ingin tumbuh. Menjadi nyaman karena merasa tidak nyaman dan berlari menuju tantangan bukan menghindarinya adalah satu-satunya cara untuk terus tumbuh.

Secara keseluruhan, wajar jika ingin segala sesuatunya berjalan dengan baik, tapi ‘berjalan dengan baik’ tidak harus berarti bahwa itu datang dengan mudah. Dan ingat, bersiap menghadapi tantangan tidak berarti anda tidak bisa menikmati diri sendiri. Masalah adalah bagian dari kehidupan dan tidak ada alasan mengapa semua itu harus dilakukan dengan mudah.

Tidak ada kemuliaan dalam memecahkan sesuatu yang sulit bagi diri anda sendiri, tapi ada bahaya jika anda berharap agar segalanya menjadi mudah.