Ketika sedang menulis, kadang tidak bisa fokus. Alhasil tulisan yang sejatinya bisa selesai tepat waktu menjadi molor karena kita tergoda untuk melakukan aktivitas lain, seperti browsing.

Ya, salah satu penyebab yang membuat kita tidak fokus saat menulis adalah, terganggu oleh aplikasi-aplikasi lain yang terbuka di dalam satu desktop, misalnya saja saat membuka dokumen office, juga membuka browser. Akhirnya tergoda untuk membukanya dan malah berlama-lama internetan, tulisan pun terbengkalai.

Kalau kamu menggunakan sistem operasi Windows 10, coba gunakan fitur Multiple Desktop. Fitur ini memungkinkan kamu bisa memiliki tampilan desktop lebih dari satu. Jadi ini cocok buat kamu yang lagi multitasking supaya tidak terganggu sejenak.

Untuk menggunakan multiple desktop ini caranya mudah. Kamu bisa melakukannya dengan cara ini.

Langkah 1. Menambahkan Desktop

Desktop 1

Kamu dapat menambahkan virtual dekstop baru dengan cara klik tombol menu Task View yang ada di kiri bawah dekat ikon pencarian, kemudia bisa pilih New Desktop yang ada di sisi kanan bawah untuk menambahkan virtual desktop baru.

Atau bisa juga dengan menekan tombol Windows pada keyboard + Tab. Kemudian di Task View pane, klik New Desktop untuk menambahkan virtual desktop. Kalau pengen lebih cepat lagi, kamu bisa menekan tombol Ctrl + Windows Key + D, nanti virtual desktop baru langsung muncul.

Langkah 2. Mengganti Virtual Dekstop Satu dengan yang Lainnya

Nah, kan sekarang kamu punya lebih dari satu desktop, lalu untuk beralih ke dekstop satu ke lainnya caranya gampang. Kamu bisa klik ikon Task View lagi dan di sana sudah ada pilihan desktop yang ingin diaktifkan, tinggal klik saja.

Atau kalau mau pengen cepat, kamu bisa menekan tombol keyboard, Windows key + Ctrl + tombol arah kanan/kiri. Nanti secara otomatis akan berpindah ke dekstop lain.

#Langkah 3. Memindahkan Window ke Desktop lain

Misalnya kamu saat ini sedang menjalankan aplikasi Microsoft Word untuk menulis naskah dan posisinya di Desktop 1, lalu ingin dipindah ke Desktop 2, bagaimana caranya?

Move to desktop

Cara cukup gambang, kamu tinggal masuk dulu ke Taks View pane (Windows key + Tab), lalu pilih Window yang ingin dipindah, klik kanan pada Window tersebut kemudian pilih Move to ke Desktop yang diinginkan. Maka aplikasi tersebut akan berpindah ke desktop lain.

#Langkah 4. Menghapus virtual desktop

Jika mungkin terlalu banyak virtual dekstop membuat kinerja komputer jadi lemot, kamu bisa menghapusnya. Caranya dengan masuk ke Task View pane (Windows key + Tab) lalu pilih tanda close di desktop yang ingin dihapus.

***

Sebenarnya apa manfaatnya menambahkan Virtual Desktop baru? Yang jelas kamu bisa memiliki desktop lebih dari satu di komputer mu. Dan itu artinya kamu bisa membagi-bagi pekerjaan kamu. Misalnya saja Desktop 1 untuk membuka browser, Desktop 2 untuk menulis naskah, dan lain-lain.

Soalnya ada orang yang tidak bisa fokus jika dalam satu desktop banyak jendela aplikasi yang terbuka. Mau ditutup tapi kok kurang efektif. Nah, dengan menambahkan desktop baru ini akan membuat efektifitas dalam bekerja di depan komputer. Selamat mencoba.