Banyak orang enggan berolahraga dengan alasan tidak punya waktu luang. Atau bahkan memang tidak tertarik dengan beberapa jenis olahraga. Dikiranya berolahraga itu ya harus yang berat-berat, padahal tidak. Kita pun bisa berolahraga dengan cara yang sangat sederhana, yaitu jalan kaki.

Ya, dengan jalan kaki secara rutin setiap hari minimal 15 menit saja sudah sangat baik bagi tubuh. Sayangnya belum banyak orang yang menyadarinya.

Jalan kaki masih dianggap sebuah aktifitas biasa, bukan olahraga. Padahal olahraga ini sangat mudah dilakukan oleh semua orang tanpa mengeluarkan biaya, hanya waktu beberapa menit saja.

Yang mengesankan lagi adalah, dengan jalan kaki kita bisa mendapatkan banyak manfaat. Dan manfaatnya tidak kalah dengan berolahraga berat. Ingin tahu apa saja manfaat yang didapat dengan olahraga jalan kaki? Silakan simak uraian di bawah ini.

Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah alat vital di dalam tubuh kita. Salah satu tugas dari jantung ini adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Kesehatan jantung sangat mempengaruhi organ vital lainnya. Dengan rutin jalan kaki setiap hari minimal 30 menit, akan meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko sakit jantung. Denyut jantung pun menjadi lebih kuat dan membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

Dampaknya tubuh menjadi selalu bugar.

Menurunkan Kolesterol

Masalah kolesterol sekarang ini menjadi perbincangan banyak orang. Wajar, hal ini dikarenakan perubahan gaya hidup dan pola makan orang yang tidak baik. Sehingga kolesterol jahat tertimbun di dalam tubuh. Kadar kolesterol jahat ini jika terus meningkat akan menyebabkan datangnya berbagai penyakit.

Untuk itu dengan berjalan kaki rutin setiap hari dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan menetralkan gula darah dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Punya tubuh yang kurang ideal beratnya, coba dengan olahraga jalan kaki rutin setiap hari. Karena dengan berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari dapat membakar 150 kalori. Tetapi kaitannya dengan menurunkan berat badan, kamu juga perlu mengimbanginya dengan menjaga pola makan yang benar dan sehat. Jangan sampai olahraga menjadi sia-sia karena pola makan tak terjaga.

Memperkuat tulang

Dengan jalan kaki rutin setiap hari dapat membuat tulang menjadi lebih kuat dan tentu akan terhindar dari osteoporosis. Kalau kamu melakukannya setiap hari, pasti dampaknya akan terasa ketika sudah tua nanti. Kesehatan tulang mu akan lebih terjaga dan tidak mengalami masalah ketika sudah lanjut usia.

Mengurangi Stress

Tidak hanya bermanfaat dari sisi fisik saja, olahraga ini juga dapat menjaga kesehatan psikologis kamu. Kalau kamu lagi stress, kamu bisa olahraga kaki. Kegiatan ini bisa membuat pikiran menjadi tenang. Apalagi jika dilakukan saat pagi atau sore hari.

Dengan berjalan kaki maka akan memicu produksi hormon endorfin. Hormon ini dapat membuat mood menjadi lebih baik.

Baca buku tentang Endorfin : The Miracle of Endorphin

Masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga jalan kaki ini. Yang penting adalah dilakukan rutin. Kalau tidak bisa setiap hari ya minimal seminggu tiga kali. Lakukan antara 15-30 menit saja sudah cukup. Tetapi yang perlu diperhatikan juga adalah gaya hidup serta pola makan.

Percuma menjaga olahraga tetapi gaya hidup dan pola makan tidak dijaga. Kamu juga perlu menjaga waktu istirahat yang benar, lalu asupan gizi dan nutrisi juga perlu dijaga. Sehingga apa yang dilakukan bisa seimbang dan dampaknya akan cepat terasa. Salam olahraga!