Jangan sembarangan ketika kamu ingin berdiet. Diet itu bukan sekedar mengurangi porsi makan saja, atau bahkan tidak makan makan nasi saja. Kalau kamu hanya ikut-ikutan orang, bisa jadi diet kamu gagal atau malah bisa memperburuk kesehatan tubuh kamu.

Diet itu bermacam-macam jenisnya. Dari semua jenis itu, dibedakan atas cara konsumsinya. Selain juga perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Kalau kamu memang ingin diet, sebaiknya kenali dulu macam-macam diet berikut ini.

#1 Diet Atkins
Diet ini untuk menurunkan berat badan. Kamu memang tidak mengonsumsi bahan makanan berkarbodihrat, tetapi kamu sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi protein dan lemak. Karena ketika kamu tidak mengonsumsi karbohidrat, maka energi dalam tubuh didapatkan dari pembakaran lemak.

Diet atkins ini juga bertujuan untuk menjaga kadar insulin dalam tubuh. Diet ini termasuk diet carbo.

Ketika kamu melakukan diet ini, jangan kaget kalau nanti mengalami efek samping seperti kelelahan, mulut kering, insomni, dll. Untuk itu sebaiknya jangan dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

#2 Diet Mayo
Mungkin ini sudah banyak yang mengenalnya atau bahkan pernah melakukannya. Diet mayo ini memang cukup terkenal karena sering dipraktekan banyak orang kekinian. Mengingat dengan diet ini diklaim dalam menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam kurun waktu dua minggu.

Diet ini juga dapat digunakan untuk mengembalikan pola makan yang karut marut.

Yang dilakukan dalam diet mayo ini adalah mengurangi konsumsi garam bahkan ada juga yang tidak mengonsumsinya selama diet. Karena dalam diet ini menganut paham kalau garam itu membuat lemak dalam tubuh tidak dapat terbakar, sehingga itu yang menyebabkan kegemukan.

Biasanya yang melakukan diet ini menu makanannya kebanyakan direbus atau kukus dan menghindari makanan yang digores.

Baca buku tentang Diet Mayo di sini.

#3 Food Combining
Selain diet mayo yang mudah dilakukan, Food Combining ini juga cukup populer di kalangan sekarang ini. Diet yang satu ini cukup mudah dilakukan, yaitu dengan menjaga pola makan yang tidak dilakukan bersamaan, yaitu antara karbohidrat dan protein.

Haram hukumnya jika dalam diet ini mengonsumsi kedua unsur ini dalam waktu yang bersamaan. Hal ini dikarenakan akan membuat makanan yang dikonsumsi sulit dicerna, jika dikonsumsi bersamaan. Sebenarnya dalam Food combining ini kamu dibebaskan untuk konsumsi makanan apa saja, baik itu karbohidrat maupun protein. Asal cara dan waktu konsumsinya harus diperhatikan.

Buku tentang Diet Food Combing : Food Combining Itu Gampang 2

#4 Clean Eating
Diet yang cukup populer di era sekarang ini yaitu Clean eating. Pada dasarnya dalam diet ini kamu tidak diperbolehkan konsumsi makanan cepat saji dan aneka junk food. Kamu harus konsumsi makanan yang segar, seperti sayuran organik, buah-buahan dan makanan yang kaya akan nutrisi.

#5 Diet Keto
Nah ini juga lagi ngehits. Diet keto ini termasuk unik dan membuat orang ingin mengikutinya. Yang dilakukan di diet keto ini adalah penerapan pola makan yang telah ditetapkan dalam rumus diet keto. Yaitu konsumsi lemak yang cukup tinggi 60-70%.

Konsumsi karbohidrat akan dibatasi sampai tubuh dalam keadaan ketosis. Ketika tubuh sudah dalam keadaan kekurangan karbohidrat, maka kadar glukosa menjadi turun. Dan tubuh pun akan menggunakan lemak dalam tubuh sebagai sumber energinya. Hampir mirip dengan diet atkins.

Buku terkait :

Sekarang ini memang banyak macam-macam diet yang bisa dilakukan. Tapi ingat, jangan asal melakukan. Sebaiknya lakukan diet dengan konsultasi dulu ke ahli gizi maupun dokter pribadi kamu. Karena kondisi metabolisme tubuh masing-masing orang berbeda. Jika orang A berhasil pakai macam diet XYZ, belum tentu si B berhasil pakai diet tersebut. So, think before act.