Pernahkah terpikir bahwa pakaian yang kita kenakan memberikan fungsi lebih dari sekedar melindungi tubuh dan sebagai penunjang mode yang sedang  berkembang? Hal itu mungkin bisa saja terjadi. Baru-baru ini, Google dan Levis’s bekerja sama untuk mengembangkan smart jacket ciptaannya. Dua perusahaan terkenal ini melakukan riset yang panjang hingga tercipta hal yang sangat revolusioner tersebut. Jaket ini mulai dipamerkan pada awal maret 2017 dan dengan bandrol harga 350 dollar US. Secara harfiah, pengembangan teknologi terletak pada lengan di jaket tersebut, hal ini seperrti layaknya memberikan kontrol pada jaket tersebut namun bedanya anda tidak akan melihat layar touchscreen atau tombol apapun pada jaket tersebut. Berbahan dasar kain khusus, Google berharap dapat mengevolusi pasar yang ada, disaat semua konsumen tidak perlu memakai aksesoris yang terlihat aneh namun juga berteknologi dan memiliki fungsionalitas yang tinggi.

Smart Jacket Commuter ini diperkenalkan pada event SXSW di Austin, dirancang untuk mereka yang bekerja dengan bersepeda. Serat pada kainnya ditenun menggunakan teknologi khusus dan memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon, mendapat penunjuk arah, dan memeriksa waktu hanya dengan menggesekan atau menyentuh lengan anda. Hal ini akan memberikan kontrol pada jaket tersebut dan akan terdengar melalui headphone yang anda pakai, sehingga anda bisa berkonsentrasi dalam berkendara tanpa perlu meengusap layar. Untuk pasar lokal amerika kemungkinan akan dijual pada musim panas ini.

smart jacket

Tidak perlu khawatir tentang perawatan jaket ini, jaket ini dapat dicuci, hanya saja sebelum mencuci jaket tersebut pastikan anda sudah melepas kancing jaket pada bagian lengannya, karena kancing ini memiliki baterai dan mampu bertahan hingga dua hari. Mungkin kelemahan jaket ini adalah akan tidak menarik pada saat musim panas, namun disisi lain mereka memiliki target pasar tersendiri.


Inovatif namun tetap elegant

Yang membuat jacket ini berbeda dari aksesoris pintar lainnya seperti contohnya smartwatches adalah bahwa jaket ini tidak hanya “menjual’ teknologi sebagai  kelebihannya, namun juga sebagai solusi untuk pemecahan masalah yang  biasa kita alami dan memang jaket ini ditujukan untuk pemakaian sehari-hari dengan fitur praktis namun tetap stylish.

kerjasama google dan levis

Kerjasama Google dan Levi’s ini layaknya perpaduan yang sempurna antara teknologi dan fashion. Beberapa desainer berbakat  juga ikut andil dalam proyek ini seperti dari perusahaan fitbit dan apple agar membuat jaket ini lebih elegant dan mengurangi kesan geek pada desainnya. Tidak sampai disitu, beberapa perusahaan Tommy Hilfiger, Ralph Lauren dan Under Armour yang sudah lama merilis activewear, kemungkinan akan mengekor ide Levi’s. Sebagai perusahaan “tua”dan memiliki berbagai inovasi, Levi’s kembali menunjukan konsistensinya pada dunia fashion dan memberikan influence pada perusahaan lain.