Bagi orang tua yang ingin memberikan pelajaran tambahan kepada anak di luar jam sekolah, lebih baik pilih les privat saja daripada harus mengikutkan anak ke lembaga bimbingan belajar. Tentu pilihan ini ada alasannya.

Memasuki tahun ajaran baru atau menjelang ujian nasional, biasanya banyak orang tua yang ingin anaknya mengikuti les tambahan di luar jam sekolah. Dan saat ini banyak pilihannya, bimbingan belajar pun semakin menjamur dengan berbagai fasilitas dan janji-janji lulus ujian sebagainya. Kalau bingung mau pilih bimbel mana, lebih baik les privat saja.

Les privat adalah guru pengajar datang ke rumah untuk mengajari secara privat. Kalau ikut bimbel kan pasti berbarengan dengan murid-murid lain.

Mengapa lebih baik les privat saja?

1. Lebih fokus

Karena privat hanya diikuti oleh anak sendiri, kalau dengan murid lain paling cuma dua tiga anak, dan ini membuat proses belajar lebih fokus. Karena sekarang ini banyak proses belajar di bimbel yang terlalu ramai. Dalam satu kelas ada murid yang benar-benar niat ada yang sekadar datang dan biasanya membuat gaduh. Sehingga ini jelas tidak bisa membuat fokus.

Dengan model privat satu guru satu murid, maka proses belajar akan lebih fokus dan konsentrasi.

2. Biaya lebih murah

Kalau boleh dibandingkan, biasanya biaya les privat dengan bimbel, lebih murah les privat. Ya karena les privat biasanya langsung dari guru bukan dari bimbel. Tetapi ya relatif soal biaya ini. Ada juga yang harganya hampir sama, karena gurunya juga dari bimbel (bimbel menyediakan les privat).

Tetapi mayoritas ya memang lebih murah.

3. Bisa memantau

Dengan les privat di rumah, orang tua bisa memantau perkembangan anak secara langsung. Ketika sudah selesai privat, orang tua bisa berdiskusi langsung dengan pengajar terkait perkembangan anak. Sehingga ini lebih mempermudah orang tua maupun pengajar dalam melakukan strategi pembelajaran ke depannya.

4. Lebih tenang

Dari sisi anak, kadang ada yang tidak suka keriuhan dalam belajar. Nah les privat ini bisa jadi solusi. Apalagi kadang ada yang malu kalau bertanya karena banyak teman-temannya. Kalau mengikuti les privat bisa dengan mudah menanyakan dan bisa langsung dijelaskan.

Sebenarnya les privat ada kekurangannya juga, misalnya saja tidak bisa kenal dengan teman-teman baru sehingga tidak dapat saling tukar pikiran. Tetapi menurut kami ini tidak masalah, karena tujuannya bukan mencari teman namun belajar. Yang terpenting ketika mengikuti les privat adalah memilih guru les yang punya pengalaman dan memang ahli dalam bidang tersebut.

Sehingga anak pun juga tidak mudah bosan. Owh ya, jangan lupa diskusikan dengan anak dulu sebelum memilih les privat atau bimbel. Agar nantinya anak juga nyaman ketika mengikutinya.