Kalau kamu membuat website, sudah pasti ingin website tersebut tidak sekadar menarik dari sisi tampilan tetapi juga perfoma dan statistik kunjungannya. Supaya bisa seperti itu, kamu perlu melakukan riset dan optimasi pada website kamu.

Tenang saja, hal ini bisa dilakukan dengan mudah. Karena kamu dapat menggunakan layanan dari Google.

Google ini memang powerfull sekali, karena telah menyediakan layanan gratis dan dapat mengoptimalkan website kita. Kalau kamu sedang membangun sebuah website, berikut beberapa layanan Google yang dapat kamu gunakan untuk memaksimalkan website kamu.

Google PageSpeed Insight

Ini adalah layanan untuk mengetes kecepatan website kita. Kamu cukup membuka https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ kemudian memasukkan URL website yang ingin kamu uji coba. Nantinya akan ada nilai kecepatan website kamu ketika diakses melalui ponsel maupun desktop.

Nah Google juga akan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kecepatan website kamu. Dari sini kamu bisa mendapatkan poin-poin yang perlu diperbaiki untuk memaksimalkan website kamu agar lebih cepat.

Website yang dapat dibuka dengan cepat sangat berpengaruh untuk berbagai hal, seperti meningkatkan SEO dan pengunjung.

Google Analytics

Kamu perlu sebuah statistik pengunjung website kamu. Statistik bukan sekadar menampilkan berada jumlah kunjungan per harinya tetapi yang memberikan data lengkap seperti dari mana mereka, menggunakan perangkat apa, dan berapa lama berada di website kamu.

Nah layanan Google Analytics dapat kamu gunakan. Ini juga layanan gratis. Dengan memanfaatkan Google Analytics, kamu akan mendapatkan banyak data yang kemudian bisa dijadikan bahan untuk pengembangan website kamu baik dari segi teknik maupun non teknis.

Dengan Google Analytics kamu juga dapat merancang strategi marketing di website kamu.

Google Search Console

Layanan ini dulu dikenal Google Webmaster Tool, tetapi sekarang berubah nama menjadi Search Console. Layanan ini memungkin kamu untuk melihat dan memaksimalkan website dari sisi pencarian atau SERP (Search Engine Result Page). Tentunya dengan menggunakan GSC, kamu akan mengoptimalkannya di mesin pencari Google.

Buku terkait : 5 Cara Jitu Agar Web Anda Ranking 1 di Google

Di layanan ini kamu dapat melihat backlink website kamu di mana saja, kata kunci yang masuk hingga bisa melihat masalah yang muncul di website kamu yang bakal mempengaruhi SERP.

Layanan ini juga gratis.

Google Drive

Kalau kamu ingin membuat formulir online di website dan datanya ingin mudah dilihat dapat bentuk dokumen spreedsheet, kamu bisa menggunakan Google Drive. Google Drive ini selain media penyimpanan online, juga menyediakan layanan dokumen online termasuk untuk membuat formulir online.

Nantinya kamu dapat menyematkan formulir di website kamu, dan hasilnya langsung bisa dilihat.

***

Sebenarnya masih banyak layanan Google yang gratis dan dapat kamu maksimalkan. Seperti yang sudah banyak digunakan orang yaitu Gmail, layanan email ini dapat diintegrasikan ke website kamu untuk melayani komunikasi dengan pengunjung.