Apakah kamu ingin menjadi blogger? Bisa terkenal lewat tulisan-tulisan yang kamu terbitkan? Atau bisa punya penghasilan dari blog yang kamu kelola? Tenang saja, semua itu bisa kamu dapatkan. Asal mulai awal belajar blog kamu serius dan punya niat untuk menekuninya.

Buat blogger pemula biasanya di beberapa bulan awal masih sangat semangat menulis. Bahkan sangat aktif bertanya ke sana ke mari tentang blog. Tetapi setelah beberapa bulan, kadang banyak yang tumbang. Mau nulis bingung, katanya tidak ada bahan tulisan. Akhirnya lambat laun blog diterlantarkan.

Yang seperti itu jangan ditiru. Kalau kamu ingin menjadi blogger yang sukses, maka harus menghargai proses. Dan yang penting adalah tekun.

Menulis itu awalnya memang menjemukan, tetapi jika kamu niati dengan hati senang kamu akan mendapatkan kepuasaan ketika kamu menulis. Bahkan kalau sehari tidak nulis rasanya ada yang kurang. Buat blogger pemula, ini ada beberapa kunci sukses yang bisa kamu jadi referensi untuk membangun blog kamu.

1. Buatlah blog yang sesuai hobi kamu

Kalau awal-awal baru belajar blog, kamu boleh bebas membuat blog yang sembarangan dengan konten yang campur aduk. Atau istilahnya gado-gado. Tetapi jika kamu sudah punya niatan ingin menjadi blogger yang profesional, sejak awal kamu harus membangun blog yang memiliki satu niche atau tema. Mengapa?

Karena blog yang memiliki satu tema akan mudah dikelola dan akan mudah membrandingnya.

Cara paling mudah adalah membuat blog yang disesuaikan dengan hobi atau kesukaan kamu. Kalau kamu suka dengan dunia otomotif, ya buat blog otomotif. Nantinya kamu ketika menulis pun juga tidak ada beban, karena bahan tulisan akan selalu ada karena kamu suka dengan bidang itu.

Blogger-blogger yang terkenal itu mereka membuat blog dari apa yang ia suka. Ada yang suka travelling, lantas bikin blog travel, dan lain sebagainya.

2. Rutin update artikel

Artikel adalah nyawa blog kamu. Kalau kamu sekadar punya blog tetapi konten artikelnya sedikit dan jarang update, ya mana akan ada orang yang datang ke blog kamu. Untuk itu pastikan kamu rutin update artikel di blog kamu.

Kalau kamu nanti bisa punya artikel yang rutin update dan bagus-bagus tulisannya, maka akan banyak pembaca blog kamu yang berlangganan artikel dari blog kamu. Jadi ini sangat berpengaruh sekali terhadap loyalitas pembaca blog kamu.

Artikel terkait :

3. Buat jaringan

Sebagai blogger pemula, kamu tentunya belum banyak dikenal baik dari mata pembaca maupun blogger lain. Untuk itu buat dan perluas jaringan. Bagaimana caranya? Sangat mudah, kamu bisa membagikan artikel-artikel blog kamu melalui media sosial, kemudian bisa blog walking ke blog lain sembari meninggalkan komentar.

Kamu juga bisa membuat fanpage atau akun media sosial khusus untuk blog kamu.

4. Pelajari dasar-dasar SEO

SEO itu memang penting untuk blog. Karena salah satu sumber lalu lintas terbesar dari sebuah blog adalah dari mesin pencari seperti Google. Nah, dengan mempelajari dasar-dasar SEO, paling tidak kamu akan dapat membuat artikel yang SEO Friendly dan blog yang bisa bersaing dengan blog lain di mesin pencari.

Sehingga nantinya akan semakin meningkatkan kunjungan di blog kamu melalui mesin pencari. Atau bahasa teknisnya secara organik.

5. Terus belajar dan konsisten

Dunia blog sangat terus berkembang, kamu harus terus belajar tentang hal-hal baru. Tidak hanya dari sisi konten saja tetapi juga infrastruktur blog kamu yakni domain dan hosting. Jadi misalnya kamu punya blog lalu pengunjungnya sudah banyak, ternyata performa blog jadi melambat. Nah ini ada hubungannya dengan server hosting blog kamu. Maka kamu perlu menggantinya. Pokoknya pelajari semua hal yang berhubungan dengan blog.

Dan yang paling penting adalah tetap konsisten. Seperti yang sudah diutarakan di atas, kadang kalau sudah beberapa bulan akan muncul rasa malas mengelola blog. Jangan sampai itu terjadi. Kamu harus punya visi misi agar kamu juga terus bisa konsisten.

Perlu diingat, membangun blog yang sukses itu tidak bisa dilakukan secara instant.