Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman budaya, makanan, agama, music, dan juga tradisi nya. barang warga negara asing pun dengan senang hati untuk mempelajari budaya, masakan, alat music dan sekaligus tradisi yang terdapat di negara kepulauan ini. ada beberapa tradisi, makanan, alat music dan juga budaya yang ada di Indonesia seperti berikut ini :

1. Batik

Batik sudah tidak asing lagi berasal dari Indonesia. baju dan pakaian batik pun sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Warga negara Indonesia pasti pernah memakai pakaian batik ini. karena selain nyaman bagus, motif yang indah dan unik. Pakaian batik pun ternyata digemari oleh warga negara asing. Sudah sangat sering kita melihat bahwa masyarakat luar negeri pun memakai pakaian tersebut. Karena motif nya yang indah.

2. Alat music Angklung

Alat music yang berasal dari Jawa Barat ini sudah banyak sekali di Indonesia. alat music ini tidak hanya dimainkan oleh warga negara Indonesia saja, tetapi kenyataanya orang luar negeri pun suka untuk memainkannya. Banyak wisatawan yang tertarik untuk memainkan alat music tersebut. Dan juga baru-baru ini untuk memecahkan rekor, Indonesia memaikan alat music Angklung terbanyak di dunia. Hal yang sangat membanggakan untuk negara kita dan juga masyarakatnya.

3. Untuk Tarian, tidak diragukan lagi jika tari Kecak sudah sangat mendunia

Tarian yang berasal dari pulau Bali ini, Tari kecak sangatlah unik. Tari Kecak menggunakan gamelan sebagai alat music penggiring tarian tersebut. Dan juga yang selalu dikatakan “cak…ke…cak..ke..cak”. Oleh karena itu lah disebut nama tarian ini tari Kecak. Jika kalian pergi ke Bali, usahakan untuk melihat tradisi unik ini yah.

4. Untuk masakan sudah tidak terkalahkan laagi untuk rendang

Rendang adalah masakan dari budaya Indonesia. masakan dengan penuh bumbu cita rasa khas Indonesia ini menjadi makanan terenak di dunia. Para turis pun tidak akan lupa untuk mencoba masakan ini.

5. Tarian Reog Ponorogo

Tarian reog ini sangatlah unik. Dengan memakai topeng yang sangat besar dan juga berat yang berkilo-kilo gram tersebut. Tradisi ini sudah diakui jika ini memang dimiliki negara tercinta kita. Keunikan dan keasliannya yang berasal dari Ponorogo Jawa Timur ini sangatlah membuat warga negara asing pun ingin mempelajari nya.

Oleh sebab itu para wisatawan lokal maupun luar negeri dengan senang hati ingin mempelajari budaya yang berada di Indonesia. karena hal ini sangat unik dan creative.