Buku adalah jendela dunia. Siapa yang tidak tahu tentang istilah ini? Untuk bisa merasakan buku adalah jendela dunia, caranya tidak lain tidak bukan kita harus membaca. Membaca adalah hal penting yang dibutuhkan oleh setiap insan manusia supaya bisa mendapatkan pengetahuan baru. Jadi seberapa pentingkah membaca bisa berguna untuk hidup Anda, dan apa saja manfaatnya?

Tahu Banyak Kosakata Baru

Tidak bisa dipungkiri jika ada perbedaan signifikan antara orang yang suka membaca dan yang tidak. Orang yang suka membaca bisa mendapatkan banyak kosakata baru yang bisa ia serap saat membaca sebuah buku. Semakin banyak buku yang Anda baca, maka bukan hal mustahil jika kosakata yang Anda miliki akan semakin beragam. Ini bisa sangat bermanfaat untuk kehidupan anda sehari-hari.

Mempelajari Pengalaman Baru

Pengalaman adalah hal yang pasti akan dialami oleh setiap orang. Oleh karena itu, pengalaman yang dimiliki setiap orang pastilah akan berbeda antara satu dengan yang lain. Inilah gunannya membaca. Anda bisa tahu pengalaman orang lain melalui ungkapan mereka di tulisan yang mereka buat. Anda tidak harus bertemu orang tersebut untuk mendengarkan sepenggal kisah pengalamannya. Membacalah, dan nantinnya anda akan tahu pengalaman tersebut tanpa harus merasakan sendiri.

Mingkatkan Imajinasi

Imajinasi mungkin untuk sebagian orang bukanlah sesuatu yang penting. Namun imajinasi bisa membantu kita untuk memvisualisasika sesuatu saat kita membutuhkannya. Kemampuan imajinasi ini bisa anda kembangkan dengan membaca. Hamparan kata dalam sebuah buku seringkali memaksa kita untuk berimajinasi. Semakin sering anda membaca, imajinasi kita juga akan berkembang juga sendirinya. Secara tidak langsung, kemampuan visualisasi Anda juga berkembang. Bukankah ini adalah hal yang baik?

Update akan Informasi Baru

Ini adalah hal yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Di era globalisasi ini, informasi dari belahan dunia lain akan bisa sampai pada kita dengan hitungan detik. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan membaca. Informasi seputar politik, hiburan, sejarah dan hal lainnya bisa kita dapatkan dengan membaca. Menarik bukan?

Tiga hal di atas adalah beberapa manfaat yang bisa membuktikan bahwa membaca adalah kegiatan yang penting. Membaca tidak buang-buang waktu, dan justru bermanfaat. Anda bisa menjadikan kegiatan satu ini sebagai salah satu hobi Anda untuk mengisi waktu luang sehari-hari. Jadi, sudahkah anda “membaca” hari ini?