Di zaman saat ini yang sudah canggih dan serba modern. Pasti mau tidak mau pun kita harus mengikuti zaman yang ada. Penggunaan teknologi yang canggih seperti computer, laptop, dan handphone pun menjadi barang kebutuhan sehari-sehari yang tidak terlepas dari kita semua.

Tetapi ternyata dibalik itu semua, ada kelebihan dan kekurangan menggunakan teknologi yang serba canggih ini. Dan disini kami ingin membahasnya secara lengkap dan mendalam sebagai berikut :

A. Kelebihan Teknologi Informasi :

Mempermudah mendapatkan Informasi

Di zaman saat ini setelah berkembangnya IPTEK, kita lebih dipermudahkan untuk mendapatkan informasi. Banyak sekali informasi-informasi yang ada dan sangat meluas. Kita tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan informasi yang kita mau. Saat ini sudah serba cepat dan lengkap.

Dapat Berkomunikasi Jarak Jauh

Saat ini meskipun kita berbeda kota atau berbeda negara dengan sanak saudara kita. Kita bisa dengan cepat menghubungi mereka kapan pun dan dimana pun. mungkin dahulu, jika kita memerlukan mengirim surat melalui pos dengan menunggu waktu berhari-hari untuk bisa sampai. Saat ini kita hanya memerlukan jaringan internet untuk bisa berkomunikasi. Dan lebih canggih nya saat ini, kita tidak hanya mendengar suara sanak saudara kita. Tetapi kita bisa melihat dengan video call.

Membantu mempercepat pekerjaan manusia

Sudah tidak diragukan lagi, jika saat ini IPTEK tidak hanya membantu dalam komunikasi atau mendapatkan infromasi. Di lain itu semua, keuntungan dari IPTEK ini adalah bisa membantu pekerjaan manusia. Seperti membuat proposal untuk hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan, membantu dengan cara mengetik daripada harus menulis dengan tangan. Dan membantu perhitungan yang akurat.

Tetapi dilain dari kelebihan, terdapat juga kekurangan dari IPTEK ini.

B. Kekurangan Teknologi Informasi :

Menjadikan manusia anti sosial

Bisa kita lihat banyak sekali orang yang lebih mementingkan hubungan di media sosial daripada dengan dunia secara langsung. Hal ini bisa kita lihat di tempat-tempat umum. Banyak sekali yang terlalu focus dengan handphone nya dan tidak dengan sekitar.

Adanya tingkat kejahatan

Banyak sekali kasus-kasus saat ini yang bersaal dari IPTEK. Seperti tindakan penculikan melalui media sosial, melakukan penipuan, dan hal lain sebagainya. oleh karena itu, selalu berhati-hati dalam ranah media sosial dan kemajuan IPTEK ini.

Menjadi malas

Hal ini sangatlah sering terjadi oleh kita semua. Terlalu asyik dengan games online,, aktivitas di media sosial, dan lain sebagai nya. membuat kita terkadang melupakan hal yang seharusnya kita lupakan. Hal ini sangat-sangat merugikan.

Oleh karena itu, bijaklah dalam penggunaan IPTEK. IPTEK diciptakan agar kita dipermudahkan dalam segalanya.