Sekarang ini untuk membaca buku tidak harus membawa buku, karena cukup membawa ponsel saja sudah bisa membaca buku dalam bentuk digital atau ebook. Bahkan sekarang ada ini buku digital yang berbasis suara, jadi kita tidak harus membaca tapi cukup mendengarkan saja. Enak ya…

Buku digital umumnya berformat .pdf, sehingga bisa dibuka melalui komputer PC, laptop maupun smartphone.

Meskipun menawarkan kemudahan, faktanya belum banyak orang yang membaca buku dalam bentuk digital. Padahal membaca buku digital ini banyak sekali manfaatnya, seperti :

1. Ringkas
Ya, salah satu kelebihan membaca buku digital adalah ringkas. Kamu tidak perlu bawa buku yang kadang menuh-menuhin tas atau mungkin takut dibilang ‘kutu buku’. Buku digital bisa kamu taruh di ponsel kamu dan bisa kamu baca kapan saja.

2. Awet
Kalau buku kan bisa sobek, atau kalau ditaruh lama ya kualitasnya menurun bahkan kadang dimakan rayap. 😀 Nah kalau ebook atau buku digital selama di simpan di ponsel atau komputer tetap sama. Ya namanya juga digital. Nah ini sangat penting buat kamu yang pengen nyimpan buku favoritmu dalam bentuk digital.

3. Murah
Harga ebook itu jauh lebih murah dibanding buku fisik. Hal ini dikarenakan tidak perlu cetak dan distribusi. Harga ebook itu bisa separuhnya dari buku fisik. Dan kalau kita mau beli ya tinggal unduh saja, tidak perlu menunggu pengiriman. 😀

4. Ramah lingkungan
Kamu tahu kertas itu dibuat dari apa? Ya, dari pohon. Dan itu tidak ramah lingkungan. Belum lagi buku fisik juga harus menggunakan tinta yang mana penggunaan tinta juga tidak ramah lingkungan.

Akan tetapi dibalik kelebihan-kelebihan ebook atau buku digital, tetap saja memiliki kekurangan. Dan kekurangan inilah yang kadang membuat orang tidak suka membaca buku digital.

Beberapa kekurangannya adalah :

1. Tidak bisa dipegang
Namanya juga digital sudah pasti tidak bisa dipegang bukunya. Dan ini sangat tidak disukai bagi orang yang memang ingin koleksi buku secara fisik. Ada juga orang yang tidak nyaman membaca buku kalau tidak bisa bolak-balik kertasnya. Rasanya bagaimana gitu kalau tidak dipegang.

2. Ukurannya huruf kecil
Sebenarnya sih malah fleksibel kalau membaca buku digital, karena kita bisa memperbesar huruf dan memperkecilnya. Tetapi banyak juga yang mengeluh masalah huruf yang kecil, terutama ketika dibaca melalui ponsel. Bisa sih diperbesar, tetapi tidak nyaman saat membacanya.

3. Mata tidak kuat
Kekurangan lain adalah membuat mata cepat lelah. Membaca buku digital dan fisik, efek capek matanya lebih cepat ketika membaca buku digital. Karena layar komputer atau ponsel itu memancarkan cahaya yang membuat mata cepat lelah. Apalagi bagi yang jarang membaca lewat komputer.

4. Perangkat lunak yang tidak mendukung
Meskipun mayoritas ebook berformat PDF, tetapi ada juga yang berformat lain. Dan kadang bagi yang awam soal hal-hal teknis itu sangat menyulitkan. Mau baca saja harus install ini itu.

Semua itu ada kelebihan dan kekurangan, dan sebaiknya buku digital tetap kamu miliki sebagai tambahan referensi. Apalagi kalau memang sulit mendapatkan buku versi fisiknya. Kalau memang adanya buku digital, ya pakai saja.

Nah, di BukuPedia.com pun juga menyediakan buku digital (ebook). Berbagai judul buku menarik tersedia dalam format ebook. Kamu bisa mengecek koleksinya di sini.