Kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan itu bakal berdampak pada diri kita, terutama masalah kesehatan. Misalnya saja ketika kamu terbiasa dengan begadang, maka itu akan membuat kamu menjadi punya masalah dengan insomnia. Pun demikian dengan kebiasaan membaca, selain bisa menambah wawasan, membaca juga dapat berpengaruh pada kesehatan. Penasaran?

Apakah kamu termasuk orang yang sering membaca buku setiap hari? Apakah kamu termasuk orang yang tidak bisa jauh dari buku? Jika iya, sebaiknya kamu lebih berhati-hati.

Pengaruh kesehatan di sini itu bisa jadi kesehatan mental maupun fisik kamu. Mungkin banyak yang tidak sadar, tetapi faktanya memang seperti itu.

Apalagi bagi kamu yang suka membaca buku-buku fiksi, ini akan berpengaruh pada kesehatan mental kamu. Sama halnya ketika kamu sering nonton drama korea, maka itu juga akan berpengaruh pada psikologis kamu.

Terbawa Suasana

Membaca buku fiksi memang mengasikkan, karena kita bisa masuk dalam imajinasi buku itu. Apalagi kalau kisahnya romantis dan menyentuh hati, sudah pasti akan tidak bisa melepas buku itu sebelum habis hingga halaman terakhir.

Ini bukan bermaksud untuk melarang kamu membaca buku apalagi buku fiksi, tetapi sebaiknya dengan kebiasaanmu membaca buku fiksi juga harus diimbangi dengan pemikiran yang sadar dan terbuka bahwa kamu sedang membaca buku.

Apalagi buat para perempuan yang doyan baca buku fiksi, hati-hati jangan sampai terbawa suasana.

Karena gini, kalau terlalu sering membaca buku fiksi dengan mental yang tidak siap dan terbuka, maka yang dibaca itu akan mempengaruhi kehidupan nyata. Ketika kamu sudah terbawa suasana seperti yang ada di dalam buku itu, maka artinya kesehatan mental kamu sudah terganggu.

Membaca buku memang mengasyikan, tetapi sekali lagi gunakan itu sebagai pembelajaran. Di dalam buku fiksi, tentu akan banyak sekali pelajaran yang bisa diambil, nah itulah yang perlu dicari. Jangan sekedar membaca lalu ikut meratapi suasana yang hadir di buku itu. Bahaya…

Itu tadi kesehatan yang buruk. Tapi dengan membaca buku juga dapatkan membuat kesehatan mental mu membaik. Misalnya saja ketika kamu sering membaca buku-buku motivasi dan religi, maka iman dan semangat kamu akan terus berapi-api. Kamu seakan mendapatkan asupan gizi psikologi.

Baca juga : Gemar Membaca Membuat Seseorang Mudah Cair Dalam Pergaulan

Hati-hati dengan mata

Pengaruh lain dari kebiasaan membaca dari segi kesehatan fisik adalah membuat mata bisa menjadi sakit atau bisa saja mata minus. Ini terjadi jika kamu tidak memperhatikan cara-cara membaca buku yang baik dan benar. Misalnya saja kamu membaca buku di tempat yang gelap dengan jarak baca kurang jadi 30cm atau posisi tidur, jelas itu akan membuat mata bisa berpotensi minus.

Untuk itu, kebiasaan membaca yang kamu lakukan jangan sampai menciderai kesehatan tubuh kamu baik fisik maupun mental. Karena buku sebagai sumber ilmu harus digunakan dengan cara-cara yang benar.